Ketahui Penyebab Knalpot Keropos dan Cara Mengatasinya

Rabu, 13 Maret 2024 - 22:00 WIB
loading...
Ketahui Penyebab Knalpot Keropos dan Cara Mengatasinya
Knalpot motor akan keropos jika tidak dirawat secara berkala. (Foto: Suzuki)
A A A
JAKARTA - Penyebab knalpot motor keropos dan cara mengatasinya penting untuk dipahami. Pasalnya knalpot merupakan salah satu komponen penting kendaraan.

Selain sebagai penyalur gas buang, knalpot juga berfungsi untuk meredam suara bising dari proses pembakaran di ruang mesin. Untuk itu kondisi knalpot harus dipastikan selalu dalam keadaan baik, tidak keropos.

Masalah knalpot keropos bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bagi yang belum tahu, ada beberapa penyebab knalpot motor gampang keropos. Berikut paparannya, dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2024).

1. Karat


Penyebab utama knalpot motor gampang keropos adalah karena karat. Jika terlalu lama dibiarkan, karat akan menggerogoti knalpot sehingga keropos. Karat sendiri muncul lantaran knalpot jarang dibersihkan. Kotoran yang menempel di knalpot lama kelamaan akan menjadi kerak membandel dan menjadi penyebab karat.


2. Intensitas pemakaian tinggi


Selain karat, penyebab lain knalpot gampang keropos adalah karena pemakaian motor yang tinggi. Bukan rahasia lagi bahwa semakin sering dan lama motor digunakan, maka mesin akan semakin panas. Panas yang dihasilkan mesin tentu akan menjalar ke knalpot. Hal ini kalau terus menerus terjadi akan membuat kualitas knalpot menurun hingga akhirnya knalpot menjadi keropos.

3. Pembakaran tidak sempurna


Hasil pembakaran yang tidak sempurna akan membuat kerak karbon menumpuk di dalam knalpot. Apabila dibiarkan dan tidak dibersihkan maka dapat membuat knalpot jadi gampang keropos atau bahkan bocor.

Nah itulah beberapa penyabab knalpot keropos. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Tentu dengan membersihkan knalpot secara menyeluruh guna memastikan kondisi knalpot tetap terawat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut, sebagaimana dilansir dari platform berbagi video YouTube:



- Siapkan kuas, minyak goreng, dan wadah
- Tuang minyak goreng ke wadah
- Bersihkan kotoran atau karat yang ada pada knalpot
- Oles minyak goreng ke knalpot dengan menggunakan kuas
- Lakukan secara merata dan menyeluruh.

Perlu diketahui proses ini dilakukan untuk mencegah timbulnya karat pada knalpot kendaraan bermotor . Bagaimana, mudah bukan? Semoga tutorial ini bermanfaat.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.1988 seconds (0.1#10.140)