Sandiaga Yakin Festival Ramadan dan Mudik Lebaran Dongkrak Jumlah Kunjungan Wisatawan

Rabu, 13 Maret 2024 - 22:30 WIB
loading...
Sandiaga Yakin Festival Ramadan dan Mudik Lebaran Dongkrak Jumlah Kunjungan Wisatawan
Sandiaga yakin festival Ramadan yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yakin festival Ramadan yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Adapun rangkaian festival Ramadan ini di antaranya Festival Tabuh Bedug di Lapangan Banteng, Festival Sahur untuk membangunkan sahur di Jambi dan Festival Buka Bersama di Batam serta beberapa kegiatan lainnya.

Di sisi lain, saat ini wisata halal dan wisata religi di sejumlah daerah cukup diminati saat bulan suci Ramadan berlangsung. Sehingga kegiatan festival dan wisata ini akan berkontribusi memajukan sektor pariwisata Indonesia.

"Kita ada beberapa festival yang berkaitan dengan festival Ramadan yang juga sejalan dengan wisata halal dan religi sebagai penghormatan bulan suci Ramadan. Kita ingin arahkan kegiatan-kegiatan kita ini untuk mendapat keberkahan," kata Sandiaga dalam acara Weekly Brief with Sandi Uno di Kemenparekraf, Jakarta, Rabu (13/3/2024).



Selain festival Ramadan, Sandiaga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) serta pihak lainnya dalam mempersiapkan pengelolaan destinasi wisata di sejumlah daerah jelang libur Lebaran 2024. Ini demi menciptakan suasana yang nyaman bagi wisatawan.

Pasalnya saat Lebaran nanti, banyak masyarakat yang memanfaatkan momen mudik untuk berwisata secara bersamaan di kampung halamannya.

"Nantinya juga 93 persen kegiatan mudik Lebaran akan melakukan kegiatan kepariwisataan. Jadi harus kita siapkan pengelolaan destinasi pariwisata, termasuk crowd control dan traffic flow agar tidak membludak," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga memproyeksikan pergerakan wisatawan nusantara selama libur Lebaran 2024 mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia, atau mencapai hampir 194 juta orang.



Angka ini meningkat dibandingkan masa Lebaran 2023. Di mana saat itu hanya 123,8 juta. Adapun daerah yang menjadi tujuan di momen Lebaran paling banyak adalah Jawa Tengah sebesar 61,6 juta orang, Jawa Timur sebanyak 37,6 juta orang serta Jawa Barat sebesar 32,1 juta orang.

Melihat angka yang tinggi di Jawa Tengah, Sandiaga pun meminta jajarannya serta pemda setempat menyiapkan destinasi wisata yang ada. Terlebih di Jawa Tengah terdapat destinasi pariwisata super prioritas Borobudur.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)