Tips untuk Menyelenggarakan Acara MICE Ramah Lingkungan

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:40 WIB
loading...
Tips untuk Menyelenggarakan Acara MICE Ramah Lingkungan
Menyelenggarakan acara MICE ramah lingkungan bukan hanya merupakan tanggung jawab sosial, melainkan juga mencerminkan komitmen untuk melestarikan lingkungan alam. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) saat ini bisa dibilang semakin sadar akan pentingnya keberlanjutan atau sustainability dan dampak lingkungan dalam pelaksanaan acara. Menyelenggarakan acara MICE ramah lingkungan bukan hanya merupakan tanggung jawab sosial, melainkan juga mencerminkan komitmen untuk melestarikan lingkungan alam.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menyelenggarakan acara MICE dengan pendekatan yang ramah lingkungan.

1. Pemilihan Lokasi yang Berkelanjutan

Mulailah dengan memilih lokasi yang memiliki kebijakan keberlanjutan yang kuat. Pilih tempat yang memiliki sertifikasi lingkungan atau memiliki inisiatif hijau seperti daur ulang, efisiensi energi, dan penggunaan sumber daya yang bertanggung jawab.


2. Manajemen Limbah yang Efisien

Implementasikan sistem daur ulang yang jelas dan diberlakukan dengan ketat. Pastikan ada tempat sampah terpisah untuk kertas, plastik, dan logam. Hindari penggunaan produk sekali pakai sebisa mungkin.

3. Pilihan Menu Berbasis Lingkungan

Bekerja samalah dengan penyedia makanan dan minuman untuk memilih menu berbasis lingkungan seperti makanan organik, lokal, dan musiman. Hindari penggunaan kemasan sekali pakai dan galang dana untuk amal melalui sisa-sisa makanan.

4. Energi yang Efisien

Gunakan teknologi dan peralatan yang efisien energi. Matikan peralatan yang tidak digunakan selama acara, dan pertimbangkan untuk menggunakan sumber energi terbarukan jika memungkinkan.

5. Penggunaan Materi Promosi yang Berkelanjutan

Desain materi promosi dengan mempertimbangkan dampak lingkungan. Gunakan kertas daur ulang atau alternatif yang ramah lingkungan dan hindari cetakan berlebihan.

6. Inisiatif Penghijauan Transportasi

Sediakan opsi transportasi umum atau fasilitas untuk bersepeda bagi peserta. Bekerja sama dengan perusahaan transportasi berkelanjutan atau sediakan program bagi peserta yang menggunakan transportasi ramah lingkungan.


7. Edukasi Peserta tentang Keberlanjutan

Sertakan sesi edukasi atau program kesadaran lingkungan dalam acara. Berbagi informasi tentang praktik keberlanjutan yang diterapkan selama acara dan bagaimana peserta dapat berkontribusi.

Jadi bisa dibilang menyelenggarakan acara MICE ramah lingkungan bukan hanya tentang meminimalkan dampak negatif, melainkan juga memberikan contoh positif bagi industri.

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat menciptakan acara yang tidak hanya sukses secara profesional, tetapi juga meninggalkan jejak lingkungan yang positif. Selain itu, keberlanjutan bukan hanya sebuah tren, melainkan juga kewajiban untuk masa depan bumi kita.

Nah, untuk mewujudkan acara MICE yang sukses tersebut, Anda dapat menggunakan jasa AladinTravel by Mister Aladin yang menyediakan kebutuhan corporate events serta dapat mengadakan event yang berkesan dan sukses. Hal tersebut mulai dari menentukan tema, lokasi, dan hiburan untuk memeriahkan acara.

AladinTravel by Mister Aladin juga siap membantu Anda dan perusahaan saat akan merencanakan acara seperti MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) serta memudahkan Anda dalam melakukan perencanaan dan budgeting perjalanan perusahaan dengan lebih mudah dan efisien melalui AladinTravel Booking System (ATBS). Melalui sistem ini, Anda dapat melakukan pemesanan secara mandiri dengan konfirmasi instan. 

Anda juga tetap bisa memesan kebutuhan perjalanan bisnis seperti tiket pesawat, paket tur, wisata religi, layanan premium VIP, serta layanan implant, yaitu penempatan satu orang ahli yang siap membantu Anda dalam merencanakan perjalanan bisnis.
   
Hingga saat ini, AladinTravel by Mister Aladin sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali.    
       
Hubungi hotline wa.me/628118280808 dan nikmati kemudahan dan keuntungan dalam layanan AladinTravel by Mister Aladin. Jadikan perencanaan perjalanan bisnis Anda lebih mudah dan praktis bersama AladinTravel by Mister Aladin.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)