Sandiaga Uno Ungkap Pemerintah Siapkan Rp2 Triliun untuk Event Internasional, Termasuk Konser

Kamis, 14 Maret 2024 - 16:01 WIB
loading...
Sandiaga Uno Ungkap Pemerintah Siapkan Rp2 Triliun untuk Event Internasional, Termasuk Konser
Sandiaga Uno mengungkap upaya pemerintah untuk bisa menggelar event bertaraf internasional, seperti konser Taylor Swift. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan upaya pemerintah untuk bisa menggelar event-event bertaraf internasional. Salah satunya, dalam menggaet musisi kelas dunia untuk tampil di Indonesia.

Misalnya, melalui dana pendampingan. Sesuai arahan Presiden, pemerintah tengah membentuk Indonesia Tourism Fund yang menyiapkan Rp2 triliun untuk pendukungan penyelenggaraan event nasional dan internasional di Indonesia.



“Ini kita harapkan menjadi dana pendampingan yang mampu memfasilitasi dan memberikan insentif kunjungan musisi-musisi juga pelaku-pelaku ekonomi kreatif kelas dunia, termasuk event-event olahraga,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (13/3/2024).

“Selain itu, pemerintah juga melakukan akselerasi pelayanan perizinan event melalui digitalisasi. Pemerintah pun telah hadir dengan berkolaborasi secara multipihak dan lintas sektor termasuk pemda dan pihak-pihak pengamanan dalam penyelenggaraan event,” sambungnya.

Terkait infrastruktur, Sandiaga juga menyampaikan bahwa Indonesia telah memiliki berbagai venue yang mumpuni, seperti GBK, JIS, Ancol, Candi Prambanan, GWK, yang kini terus diperbaiki kekurangannya setelah penyelenggaraan konser yang lalu.

“Tapi pastikan ada ruang untuk perbaikan sehingga tidak macet ke sananya, keluarnya juga cepat dan semua mengacu kepada best practice dengan transportasi umum sebagai tulang punggung,” tegas Sandiaga.

Upaya selanjutnya, adalah keselamatan dan keamanan. Menurut Sandiaga, ekosistem bisnis yang sehat dan peningkatan kualitas SDM sangat penting. Sehingga hal ini bisa menarik musisi kelas dunia seperti Coldplay, Jonas Brother, Ed Sheeran, untuk tampil di Indonesia, dan segera hadir Festival Hammersonic.

“Ini kita pastikan akan berlanjut dan bocorannya ada beberapa artis-artis besar yang akan ke Indonesia, ini masih belum bisa kita rilis karena pastinya masih difinalisasi di tahap akhir. Kita ingin kunjungan wisatawan mancanegara akan meningkatkan devisa negara,” paparnya.

Sandiaga juga memastikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Presiden Jokowi dan Menkomarves untuk melakukan update potensi penyelenggaraan kegiatan event dunia di Indonesia, bukan hanya musik tapi juga olahraga, dan event lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)