5 Gejala Ambeien Stadium 4, seperti yang Diderita Artis Sandra Dewi

Kamis, 14 Maret 2024 - 23:47 WIB
loading...
5 Gejala Ambeien Stadium 4, seperti yang Diderita Artis Sandra Dewi
Artis cantik Sandra Dewi diketahui menjalani operasi ambeien alias wasir. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Artis cantik Sandra Dewi diketahui menjalani operasi ambeien alias wasir. Rupanya, ibu dua anak itu menderita penyakit ambeien stadium 4. Akibatnya, Sandra Dewi harus menjalani pemulihan di rumah sakit.

Lantas, apa ciri atau gejala ambeien stadium 4 ini? Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (14/3/2024).



Ambeien stadium 4 merupakan ambeien dengan tingkat keparahan tertinggi. Pada stadium ini penderita bukan hanya saja merasakan rasa sakit pada sekitar benjolan ambeien, tetapi juga mengalami keluhan seperti gatal, sembelit, dan BAB berdarah.

Pada stadium ini penderita juga biasanya mengalami perdarahan hebat sehingga berisiko mengalami penyakit komplikasi ambeien yang berbahaya lainnya. Sehingga penderita harus segera melakukan tindakan medis seperti operasi.

Gejala ambeien alias wasir

1. Perdarahan parah
Penderita ambeien stadium 4 sering mengalami pendarahan yang cukup berat, yang dapat terjadi selama buang air besar atau bahkan secara spontan tanpa ada rangsangan.

2. Prolaps
Prolaps adalah kondisi ketika benjolan ambeien keluar dari anus dan tidak dapat masuk kembali. Penderita stadium 4 sering mengalami prolaps secara permanen.

3. Nyeri
Penderita akan merasakan nyeri hebat di sekitar anus dan rektum, bahkan saat tidak sedang buang air besar.



4. Sulit buang air besar
Ambeien stadium 4 dapat menyebabkan kesulitan dalam buang air besar dan seringkali disertai dengan perasaan bahwa rektum tidak sepenuhnya kosong.

5. Infeksi
Prolaps ambeien dapat menyebabkan risiko tinggi untuk terjadinya infeksi, yang dapat memperburuk kondisi penderita.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)