Percantik Ruangan dengan Hiasan Unik

Rabu, 26 September 2018 - 10:34 WIB
Percantik Ruangan dengan Hiasan Unik
Percantik Ruangan dengan Hiasan Unik
A A A
PUNYA hiasan indah tapi tampak tak enak dipandang mata? Mungkin Anda salah menempatkannya. Yuk, simak ulasan berikut ini sehingga anak tak salah lagi.

Jangan biarkan dinding rumah kosong dan tidak berbicara. Itu adalah nasihat yang selalu didengungkan para desainer interior. Ya, dinding memang harus dihias agar ruangan terasa hidup dan lebih indah.

Salah satu cara menghias dinding adalah dengan menggantung artwork atau hiasan dinding. Cara ini mudah, namun jika penempatan atau proporsinya salah, hasilnya tidak akan maksimal. Alih-alih cantik, hiasan dinding yang diletakkan dengan salah malah akan merusak tatanan ruang yang sudah ada.

“Jangan meletakkan hiasan dinding terlalu tinggi, letakkan ia setinggi mata kira-kira 150 sampai 160cm dari lantai. Jika foto yang kita pajang terdiri dari beberapa hiasan, pilih salah satu hiasan sebagai center point dan letakkan ia setinggi mata,” sebut desainer interior Susan Octari Yawhan.

Jika Anda ingin meletakkan hiasan di atas sofa atau kepala tempat tidur (headboard ) beri jarak sekitar 10 sampai 15cm. Gantung hiasan di tiap ruangan, mulai dari ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur, bahkan kamar mandi.

Intinya, jangan biarkan dinding ruang Anda kosong. Namun, jangan pula memenuhi semua dinding dengan hiasan, pilih satu dinding yang menjadi fokus utama di sebuah ruangan, lalu letakkan hiasan di sana.

Ketimbang menggantungkan hiasan yang terlalu besar dan bobotnya berat, lebih baik pajang beberapa hiasan lebih kecil dan atur dalam kelompok. Agar tidak terlihat berantakan, pilih bingkai yang bahannya sama, misalnya yang semua bahannya terbuat dari metal atau warnanya sama.

“Jika hiasan menggunakan border atau tepi, pastikan warna tepinya sama. Menggabungkan warna dan bahan yang berbeda, sebenarnya sahsah saja jika rumahnya bergaya eklektik.

Namun, untuk rumah bergaya modern lebih baik gunakan cara yang umum saja dengan meletakkannya sejajar dengan mata dan berurutan,” ucap Susan. Sebelum menggantung hiasan dalam kelompok, buat semacam prototipe dari kertas koran.

Gunting koran seukuran hiasan-hiasan yang akan Anda gantung, lalu atur di lantai. Setelah menemukan pola yang pas, tempelkan koran-koran tersebut di dinding dengan menggunakan selotip kertas.

“Beri jarak maksimal 5cm antarhiasan. Jarak yang terlalu lebar akan membuat hiasan terasa terpisahpisah, tidak ada dalam satu kelompok,” saran Susan. Ada baiknya atur proporsi hiasan.

Jangan meletakkan hiasan yang terlalu besar di dinding kecil, dan sebaliknya, jangan letakkan hiasan yang terlalu kecil di dinding yang luas. Tidak ada ukuran ideal soal berapa besarnya lukisan jika dibandingkan luas dinding.

Jadi gunakan insting estetis Anda. Jika memang punya gambar kecil lukisan anak yang harus dipajang, akali dengan membuat border besar di bingkai.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7507 seconds (0.1#10.140)