BAZNAS Gandeng Bango dan Royco Bagikan 50.000 Paket Buka Puasa Gratis di 24 Kota Indonesia selama Ramadan

Sabtu, 16 Maret 2024 - 05:05 WIB
loading...
BAZNAS Gandeng Bango dan Royco Bagikan 50.000 Paket Buka Puasa Gratis di 24 Kota Indonesia selama Ramadan
BAZNAS bekerja sama dengan Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco menggelar acara Buka Puasa Akbar untuk para jamaah dan mustahik di Masjid Istiqlal Jakarta pada Jumat (15/3/2024). Foto/MPI/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Unilever Indonesia menggelar acara Buka Puasa Akbar untuk para jamaah dan mustahik di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Jumat (15/3/2024). Kegiatan ini merupakan awal dari kelanjutan kerja sama antara kedua belah pihak yang kali ini hadir melalui program “Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan” yang akan mendistribusikan 50.000 paket puasa gratis ke 24 kota di Indonesia.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan mengatakan, program “Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan” merupakan perwujudan dari semangat kebersamaan dalam berbagi berkah Ramadan sebagai upaya menjadikan bulan suci ini momentum untuk mempererat tali persaudaraan dengan sesama.

Menurut Rizaludin, BAZNAS kembali menggandeng Bango dan Royco yang merupakan brand milik Unilever Indonesia sebagai mitra untuk melaksanakan program sosial yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan ini. Setelah melakukan berbagai bentuk kerja sama, termasuk di awal tahun 2024 melalui pembagian 10.000 paket sembako kepada kaum duafa, kali ini BAZNAS, Bango, dan Royco kembali berkolaborasi dengan menyalurkan paket buka puasa gratis yang lezat bernutrisi sesuai dengan pedoman Isi Piringku dan prinsip halalan thayyiban.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah turut serta dalam mensukseskan program ini, khususnya para mitra yang telah berkolaborasi dengan kami, serta seluruh relawan yang dengan penuh dedikasi terlibat dalam pelaksanaan program,” pesan Rizaludin di Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Sementara itu, Direktur Nutrition Unilever Indonesia Amaryllis Esti Wijono menyatakan, selama puluhan tahun, Bango dan Royco secara berkelanjutan berupaya memberikan kebaikan melalui berbagai inovasi dan program, yang bermuara pada komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang.

"Terlebih di bulan Ramadan, yang tidak hanya menjadi momen teristimewa bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan meningkatkan kualitas iman dan takwa, namun juga kepada sesama manusia dengan memperkuat kepedulian terhadap sesama,” ujarnya.

Berbagi kebaikan atau bersedekah kepada mereka yang membutuhkan menjadi bentuk amalan yang mulia dan dianjurkan. Dari semua bentuk sedekah, makanan yang bernutrisi seimbang adalah salah satu yang diutamakan karena dapat membantu orang lain menjalankan kewajiban berpuasanya dalam kondisi yang sehat dan kuat.

”Untuk itu, bersama BAZNAS kami akan menyalurkan total 50.000 paket buka puasa gratis ke 24 kota yaitu Jakarta, Banjarmasin, Bojonegoro, Bone, Cirebon, Jombang, Kendari, Lampung, Madiun, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palangkaraya, Pamekasan, Pekanbaru, Ponorogo, Purwokerto, Solo, Surabaya, Tasikmalaya, Tuban, Tulungagung, dan Yogyakarta. Tidak hanya itu, di masing-masing kota kami juga akan menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya mengonsumsi makanan yang halalan thayyiban, khususnya di bulan Ramadhan,” beber Amaryllis.

Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar sekaligus tuan rumah acara Buka Puasa Akbar kemarin mengatakan, saat kita berbagi pada sesama di bulan Ramadan, makanan yang diberikan sepatutnya adalah yang halalan thayyiban.

"Halal artinya memenuhi semua persyaratan kehalalan, mulai dari bahan makanan yang digunakan hingga cara pengolahannya. Sedangkan thayyib adalah yang memberikan manfaat bagi tubuh. Untuk berbuka puasa, makanan yang thayyib adalah yang bergizi seimbang. Selain itu, kelezatannya pun perlu diperhatikan agar dapat menyempurnakan nikmat dan rasa syukur saat berbuka," ungkapnya.

"Dengan terpenuhinya aspek halal maupun thayyib, insya Allah sedekah dalam bentuk makanan ini akan mendatangkan banyak kebaikan bagi mereka yang mengonsumsinya,” lanjut KH Nasaruddin Umar.

Selama bulan Ramadan program kerja sama ini akan menjangkau para mustahik yang terdiri dari kaum duafa yatim piatu, hingga para santri dan santri putri di pesantren. Paket buka puasa yang diberikan mencakup menu lezat bergizi seimbang sesuai pedoman Isi Piringku, di antaranya menu ayam goreng dan semur telur yang tidak hanya lezat namun juga kaya kandungan protein hewani.

Ke depannya, pembagian paket buka puasa gratis bakal dilakukan secara bertahap di 23 kota lain yang melibatkan BAZNAS daerah untuk memastikan bahwa program dapat terlaksana dengan lancar dan tepat sasaran. Selain itu, dalam kerja sama ini BAZNAS, Bango, dan Royco juga mengajak masyarakat ikut berbagi kebaikan melalui pembelian 25.000 Paket Ramadhan Bahagia yang akan didonasikan bagi yatim piatu dan duafa.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)