Jumlah Kunjungan Tembus 6 Ribu di Awal Ramadan 2024, Sandiaga Uno Dorong Masjid Istiqlal Jadi Destinasi Wisata Halal

Sabtu, 16 Maret 2024 - 21:32 WIB
loading...
Jumlah Kunjungan Tembus 6 Ribu di Awal Ramadan 2024, Sandiaga Uno Dorong Masjid Istiqlal Jadi Destinasi Wisata Halal
Sandiaga Uno melihat bahwa pariwisata halal dan kreatif saling berdampingan di Masjid Istiqlal. Foto/MPI/Dimas Andhika Fikri
A A A
JAKARTA - Indonesia berhasil menduduki peringkat teratas sebagai destinasi ramah muslim di dunia pada peringkat teratas Indeks Perjalanan Muslim Global (Global Muslim Travel Index/GMTI) 2023 yang dikeluarkan oleh Mastercard dan CrescentRating. Prestasi membanggakan ini tentu tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam mengembangkan destinasi berbasis halal di dalam negeri.

Berbagai program pun telah dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif demi menggaungkan nama Indonesia di kancah internasional. Salah satunya memberikan tiga layanan tambahan dasar yakni Need to have (layanan makanan halal dan fasilitas untuk mendirikan shalat), Good to have (toilet yang ramah muslim dan muslimah), dan Nice to have (fasilitas rekreasi yang ramah keluarga muslim).

Dampak dari program tersebut kini mulai dirasakan. Jumlah kunjungan wisatawan yang ingin merasakan sensasi destinasi wisata halal di Indonesia mulai meningkat. Sebut saja Masjid Istiqlal di Jakarta yang mengalami peningkatan cukup signifikan di awal Ramadan tahun ini.



“Saya diberi tahu tahun lalu hanya 3 ribu jamaah/kunjungan. Tapi tahun ini jumlahnya lebih dari 6 ribu yang hadir di Istiqlal untuk berbuka puasa bersama. Kegiatannya juga paling padat dari segi jumlah penceramah dan kegiatan-kegiatan amaliah lain,” papar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2024).

Sandiaga Uno menambahkan, di akhir pekan ini, Masjid Istiqlal masih memiliki peluang besar untuk menambah jumlah kunjungan hingga 7 ribu atau dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Oleh karena itu, ia mengundang para donatur maupun perusahaan-perusahaan swasta untuk turut berkolaborasi meramaikan suasana Ramadan di Masjid Istiqlal.

Pasalnya, sepanjang Ramadan tahun ini pengurus kembali menggelar event bertajuk Istiqlal Ramadhan Fair. Event ini berisikan berbagai aktivitas menarik seperti bazar, pasar kuliner, dan masih banyak lagi.

“Saya juga melihat bahwa pariwisata halal dan kreatif ini saling berdampingan di Istiqlal karena kita akan melakukan Istiqlal Ramadhan Fair. Jadi mudah-mudahan THR sudah pada cair,” ujar Sandiaga Uno.

“Saya juga mengimbau perusahan-perusahaan untuk membayar THR-nya di muka sehingga perekonomian bisa bergerak, bisa lancar, dan untuk mudik lebaran masyarakar bisa berbelanja barang-barang untuk dibawa ke kampung halaman dengan belanja di Istiqlal Ramadhan Fair,” pungkas Sandiaga.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)