Lapis Legit Masuk Daftar Makanan Buka Puasa Terenak di Dunia, Nomor 1 Kunafah Khas Mesir

Selasa, 19 Maret 2024 - 14:01 WIB
loading...
Lapis Legit Masuk Daftar Makanan Buka Puasa Terenak di Dunia, Nomor 1 Kunafah Khas Mesir
Lapis legit menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Foto/ taste atlas.
A A A
JAKARTA — Lapis legit menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Nomor satu ditempati kunafah khas Mesir.

Ya, waktu berbuka puasa merupakan momen spesial bagi kaum Muslim di dunia. Salah satunya ada banyak makanan lezat.



Menariknya, setiap negara di dunia menyajikan hidangan buka puasa yang berbeda-beda saat berbuka puasa dan makanan tradisional kerap menjadi pilihan.

Mengutip Instagram @tasteatlas, lapis legit masuk daftar makanan tradisional terenak di dunia untuk buka puasa.

Berikut ini MNC Portal Indonesia rangkum lima makanan buka puasa terenak di dunia versi Taste Atlas.

Makanan Terenak Buka Puasa

1. Kunafah

Kunafah merupakan bagian dari tradisi kuliner yang panjang di Mesir dan terdaftar sebagai salah satu hidangan nasional Mesir. Hidangan ini terdiri dari dua lapisan adonan kataifi yang diparut dan diolesi mentega.

Di bagian dalamnya terdapat krim keju lezat yang dibumbui dengan kulit jeruk dan kapulaga. Sebagai pelengkap, hidangan ini kemudian disiram dengan sirup gula yang dicampur dengan jus lemon dan air bunga jeruk.

2. Baklava

Baklava merupakan makanan tradisional dari Turki. Biasanya hidangan ini disajikan sebagai makanan penutup.

Baklava memiliki cita rasa yang lezat. Dibuat dari lapisan adonan phyllo tipis yang dijalin dengan kacang cincang. Semakin lezat, semuanya disiram dengan sirup kental yang manis.
Lapis Legit Masuk Daftar Makanan Buka Puasa Terenak di Dunia, Nomor 1 Kunafah Khas Mesir

3. Sholeh Zard

Sholeh Zard adalah makanan penutup kuno Iran yang dulunya hanya disajikan pada acara-acara khusus. Kini dapat disantap untuk buka puasa.

Sholeh Zard terbuat dari nasi yang dimasak dalam air lalu dibumbui dengan kunyit dan gula. Sedangkan tambahan umum lainnya adalah irisan kacang-kacangan dan rempah-rempah seperti kapulaga dan kayu manis.

4. Lapis legit

Lapis legit adalah kue lapis tradisional yang berasal dari Indonesia. Hidangan ini terdiri dari 18 hingga 30 lapisan kuning telur, gula, tepung, mentega, dan rempah-rempah yang dipanggang secara terpisah seperti bunga pala, pala, cengkeh, dan kayu manis.

Di Indonesia, ada banyak versi lapis legit. Ada yang diberi tambahan seperti plum, kismis, almond, kacang mete, keju, atau coklat. Di Belanda, kue ini dikenal dengan nama spekkoek.


5. Qatayef

Qatayef adalah makanan penutup Arab dan makanan pokok di hari raya Ramadhan. Hidangan ini merupakan pancake manis yang biasanya diisi dengan keju atau kacang-kacangan seperti kenari, almond, pistachio, atau hazelnut. Qatayef juga bisa dikonsumsi polos, ditaburi krim kental, atau ditaburi sirup gula.

Selain versi manisnya, qatayef juga bisa disajikan sebagai camilan gurih yang diisi keju atau disajikan polos sebagai lauk.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5973 seconds (0.1#10.140)