Mengapa Makin Banyak Warga Kulit Hitam AS Mendukung Donald Trump?

Selasa, 19 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
Mengapa Makin Banyak Warga Kulit Hitam AS Mendukung Donald Trump?
Donald Trump terus mendapatkan dukungan dari warga kulit hitam. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Donald Trump terkenal disebut sebagai “mantan pemimpin supremasi kulit putih” oleh anggota Kongres dari Partai Demokrat Cori Bush pada tahun 2021. Pada tahun 2018, Hillary Clinton menyebut mantan Presiden AS Donald Trump “bodoh” dan “rasis” setelah dia dilaporkan membuat komentar yang sangat menghina tentang Haiti dan Afrika.

Bahkan Nikki Haley dari Partai Republik, yang baru-baru ini keluar dari pencalonan presiden, menyebut komentar Trump baru-baru ini tentang orang Afrika-Amerika “menjijikkan”.

Namun terlepas dari semua ini, dan ketika AS bersiap menghadapi kemungkinan pertarungan ulang antara Trump dan Presiden Joe Biden pada pemilihan presiden tahun 2024 nanti, jajak pendapat menunjukkan bahwa popularitas Donald Trump semakin meningkat di kalangan pemilih kulit hitam Amerika.

Mengapa Makin Banyak Warga Kulit Hitam AS Mendukung Donald Trump?

1. Trump Adalah Politikus Partai Republik yang Paling Didukung Warga Kulit Hitam

Mengapa Makin Banyak Warga Kulit Hitam AS Mendukung Donald Trump?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, pada tahun 2016, Trump memperoleh 8 persen suara orang kulit hitam berdasarkan jajak pendapat, yang merupakan tingkat dukungan tertinggi dari para pemilih kulit hitam untuk Partai Republik sejak George Bush pada tahun 2000. Pada pemilihan presiden AS tahun 2020, dukungan terhadap Trump di kalangan pemilih kulit hitam telah melonjak menjadi 12 persen.

Meskipun jajak pendapat saat ini berbeda-beda, survei terbaru dari GenForward menunjukkan bahwa jika pemilu diadakan hari ini, 17 persen pemilih kulit hitam akan memilih Donald Trump sementara 20 persen mengatakan mereka akan memilih orang lain selain Trump atau Biden.

Blok pemilih kulit hitam merupakan hal yang unik di AS. Saat ini, mereka adalah satu-satunya kelompok pemilih yang secara konsisten mengidentifikasi diri mereka dengan Partai Demokrat – mencapai 77 persen pemilih kulit hitam mendukung Partai Demokrat pada tahun 2020. Sebagai perbandingan, 42 persen pemilih kulit putih dan 63 persen pemilih Latin mengidentifikasi diri mereka sebagai Demokrat. Namun kini, hanya 63 persen pemilih kulit hitam – angka terendah sejak GenForward mulai mengumpulkan data pada tahun 1999 – mengatakan bahwa mereka akan mendukung Biden tahun ini, menurut survei tersebut.

Angka-angka ini dapat menimbulkan masalah bagi Partai Demokrat dalam pemilihan presiden bulan November mendatang, terutama di negara-negara bagian yang belum menentukan pilihan (swing states).

2. Sejarah AS Mencatat Warga Kulit Hitam Identik dengan Partai Demokrat

Mengapa Makin Banyak Warga Kulit Hitam AS Mendukung Donald Trump?

Foto/Reuters

Untuk memahami sejarah pemungutan suara Kulit Hitam dan Partai Republik, kita perlu melihat kembali pola pemungutan suara di awal abad ke-20.

Sebelum tahun 1930-an, Partai Republik dan Partai Demokrat menerima dukungan yang kurang lebih sama dari pemilih kulit hitam dan kulit putih. Namun, terpilihnya Franklin D Roosevelt pada tahun 1932 memicu peralihan pemilih kulit hitam ke Partai Demokrat. Menurut data dari Pusat Gabungan untuk Studi Politik dan Ekonomi, Roosevelt memperoleh 71 persen suara orang kulit hitam untuk kepresidenannya pada tahun 1936. Selama Depresi Hebat, orang Amerika keturunan Afrika secara tidak proporsional terkena dampak pengangguran. Kesepakatan Baru Roosevelt, serangkaian program pemulihan ekonomi yang berupaya untuk memperbaiki masalah ekonomi ini dan Roosevelt kemudian berkata, “Di antara warga negara Amerika, tidak boleh ada manusia yang terlupakan dan tidak ada ras yang terlupakan.”

Partai Demokrat akan terus menjauhkan pemilih dari Partai Republik pada akhir tahun 1940-an ketika Harry S Truman, presiden Partai Demokrat lainnya, menandatangani perintah eksekutif pada tanggal 26 Juli 1948, yang memerintahkan desegregasi Angkatan Bersenjata AS. Hal ini membuat marah kelompok Partai Demokrat, yang dikenal sebagai Dixiecrats, yang menentang undang-undang hak-hak sipil dan ingin menjaga segregasi tetap berlaku di negara-negara bagian selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0961 seconds (0.1#10.140)