Weni Panca Tertantang Perankan Hantu di Film Horor Munafik 2

Rabu, 03 Oktober 2018 - 15:30 WIB
Weni Panca Tertantang Perankan Hantu di Film Horor Munafik 2
Weni Panca Tertantang Perankan Hantu di Film Horor Munafik 2
A A A
JAKARTA - Pesinetron Weni Panca bangga sekaligus tertantang terlibat dalam produksi film horor asal Malaysia, Munafik 2 yang juga ditayangkan di Indonesia. Di film karya sutradara asal Malaysia, Syamsul Yusof bersama rumah produksi Skop Productions, Weni berperan sebagai Wanita Misterius, yakni sosok hantu wanita yang menjadi penggoda Ustaz Adam, tokoh utama film ini.

Weni menjelaskan, bagaimana kronologi awal mula dirinya terlibat dalam film sekuel yang sebelumnya bertajuk 'Munafik' yang menjadi film terlaris di Malaysia itu. Rupanya, dia mendapat rekomendasi dari salah satu temannya yang bekerja di Skop Production, PH yang membawahi film Munafik 2 meski dia tak diberitahu kalau dia akan menjadi Wanita Misterius atau hantu.

Menariknya, Weni ikut seleksi peran hanya dengan bermodalkan video rekaman telepon genggam. Di video itu, Weni merekam diri berakting dan mengucapkan beberapa dialog untuk karakter perempuan misterius.

Untuk mendalami karakter, dia juga berdandan ala hantu suster di serdial Conjuring, Valak, yang mengenakan kerudung hitam. Video tersebut lalu dikirim oleh rekannya dari salah satu rumah produksi ke Syamsul Yusof, sang sutradara Munafik 2.

"Awalnya aku dikasih tahu temen aku yang juga kerja di PH itu, terus aku ikut video casting untuk meranin skenario yang udah disdiapin sama Bang Syamsul. Lalu empat hari kemudian aku dikabarin lolos. Kebetulan watak dari peran yang dicari itu udah Weni kuasain. Jadi peran hantu awalnya enggak dikasih tahu. Karena di skenario itu aku sebagai wanita misterius," kata Weni Panca kepada, ketika ditemui SINDOnews.com dalam eksklusif interview di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Walaupun tidak tahu dan seakan mendadak, pesinetron yang pernah bermain di sinetron 'Dundia Terbalik' ini mengaku mau tidak mau harus menerimanya, lantaran dia sudah sampai di Malaysia. "Jadi yah mau tidak mau diterima. Masa pulang lagi. Tapi jadi tantangan buat aku untuk menjadi hantu atau Wanita Misterius," ujar dia.

Weni menambahkan, dirinya tidak memaksakan diri menjadi hantu. Meski begitu, lewat film ini, Weni bisa melewati tantangan menjadi Wanita Misterius. Di film sebelumnya, dia pernah memerankan karakter hantu sehingga, dia bisa melewati tantangan di film yang sudah tayang di Indonesia sejak 26 September 2018 tersebut. "Sebenernya peran hantu itu pendalamannya nggak sulit ya, walaupun aku belum tahu pas sampai itu karakternya seperti apa," kata Weni.

Weni pun mengaku belajar memerankan karakter hantu. Salah satu referensinya adalah menyaksikan film-film karya aktris legendaris horor, Suzzanna. "Aku tuh sering nonton mbak Suzzanna, karena kan kalau dialog hantu itu kan flat-flat serem gitu kan, aku banyak nonton dari situ," kata dia.

Menurut Weni, tim make up artis film Munafik 2 sangatlah mengesankan, karena berhasil membuat Weni takut melihat wajahnya sendiri usai didandani. "Serem sih. Makanya aku nggak berani ngaca, ngobrol sama orang pun mereka enggak lihat aku, mereka nunduk. Jadi aku juga nggak mau ngaca," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Weni juga menceritakan pengalaman berkerja dalam produksi film Negara Malaysia dimana dia menyebut ada banyak sekali perbedaan yang dirasakannya setelah menjalani syuting film Indonesia dan Malaysia. Wanita yang juga pernah bermain dalam film horor Rasuk ini mengaku terkesan dengan ketertiban atau ketepatan waktu dari para kru dan cast Munafik 2.

"Jauh beda (sama Indonesia), mereka dari schedule dan waktu aja mereka lebih tepat dibanding kita yang selalu banyak meleset. Bang Syamsul itu care banget sama pemain-pemain di sana. Kenapa jadinya one take oke karena dia nggak mau pemainnya kenapa-kenapa. Karena set yang kita pakai itu berbahaya dan belum pernah dipakai syuting sama sekali," sambung Weni.

Weni mengaku jika perbedaan bahasa sering menimbulkan miss komunikasi antara dirinya dan para pemain lainnya. Meskipun begitu, syuting tetap berjalan lancar karena pengertian dan profesionalisme satu sama lain.

"Itu (perbedaan bahasa) malah jadi bahan candaan buat kita. Kalau setdiap kita ngobrol, kita selalu bilang, 'Oh kalau di Indonesia artinya ini, kalau di Malaysia gini', jadi bahan bercandaan aja. Banyak (miskomunikasi), banyak banget kayak misalkan kata 'gampang', itu kalau di Malaysia artinya beda dan kurang bagus pengertiannya," tutur Weni.

Film 'Munafik 2' bercerita tentang pulihnya Ustaz Adam (Syamsul Yusof), setelah kematian istri dan putranya. Dia mulai menjadi pengkhotbah freelance dan melanjutkan tanggung jawabnya untuk membantu orang-orang yang terkena gangguan sihir atau jin, di mana-mana.

Tes sebelumnya telah mengajarkannya untuk menawarkan tawadhu kepada yang ilahi. Tapi apa yang menyesatkannya? Ustaz Adam selalu dihantui oleh penipuan masa lalu, tentang kematian Mary. Adam juga sering dikunjungi oleh seorang misterius yang mempertanyakannya tentang iman dan takdir tuhan.

Film yang diproduseri oleh Datuk Yusof Haslam itu dibintangi sederet aktor dan aktris Malaysia dan Indonesia, di antaranya Syamsul Yusof, Maya Karin, Fizz Fairuz, Nasir Bilal Khan, Fauzi Nawawi, dan masih banyak lagi.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4612 seconds (0.1#10.140)