BI dan The Fed Diprediksi Tahan Suku Bunga hingga Juni 2024

Rabu, 20 Maret 2024 - 11:34 WIB
loading...
BI dan The Fed Diprediksi Tahan Suku Bunga hingga Juni 2024
Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) membaca arah suku bunga Bank Indonesia (BI) dan The Fed hingga semester I tahun 2024. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) memprediksi suku bunga Bank Indonesia (BI) dan The Fed akan mempertahankan suku bunga hingga bulan Juni 2024. Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan, masing-masing bank sentral yaitu Indonesia dan Amerika Serikat (AS) akan menahan suku bunganya di level 6% dan 5,5%.

"BI flat, The Fed flat. Flat harusnya. Kita sih view-nya masih sama, masih flat di semester I paling cepat Juni, tapi kan lihat data Amerika juga terutama inflasinya bagaimana," kata Andry kepada awak media di Jakarta, dikutip Rabu (20/3/2024).



Lebih lanjut, Andry meramalkan, The Fed bakal menurunkan suku bunga 75 basis poin (bps) pada semester kedua, sesuai dengan target mereka. Akan tetapi perlu diingat bahwa perkembangan pasar tahun ini sangat dinamis.

"Kita berharap bahwa 2024 itu akan less volatile, gak juga ya. Tahun ini saja juga sama kalau teman-teman lihat dari probability yang diharapkan sama market, probability dari rate cut-nya The Fed, tadinya kan semua expect di bulan Maret, terus ternyata data inflasinya masih tinggi segala macam, mundur ke bulan Mei, FOMC meeting kan April akhir dan tanggal 1 Mei, habis itu baru Juni," jelasnya.

Andry juga mengatakan, bahwa probabilitas penurunan suku bunga di bulan Juni sendiri masih 50:50 atau sekitar 40% dari probability rate card.BI

"Nah ini kan menandakan bahwa market itu sangat di-drive dari data atau kondisi dari perekonomian di AS. Kalau perekonomiannya memang mereka masih tetap strong, sekarang debatnya apakah kemudian Amerika Serikat ini soft landing atau hard landing, hard landing itu recession," pungkas Andry.

Perlu diketahui, pada hari ini pelaku pasar tertuju pada pengumuman Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) soal suku bunga dan juga pengumuman resmi hasil Pemilu yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)