UIN Walisongo dan Alwaleed Centre the University of Edinburgh Kerja Sama Promosikan Budaya Muslim Lokal

Rabu, 20 Maret 2024 - 11:46 WIB
loading...
UIN Walisongo dan Alwaleed Centre the University of Edinburgh Kerja Sama Promosikan Budaya Muslim Lokal
UIN Walisongo dan Alwaleed Centre the University of Edinburgh kerja sama promosikan budaya muslim lokal.Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Universitas Islam Negeri (UIN ) Walisongo Semarang menjajaki kerja sama dengan Alwaleed Center, the University of Edinburgh Inggris. Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen UIN Walisongo untuk “Go Internasional” dengan inisiasi kerja sama dengan The Edinburg Alwaleed Centre.

The Edinburg Alwaleed Centre merupakan salah satu pusat akademik berbasis di universitas termuka di Inggris yang mempromosikan pemahaman lebih baik tentang Islam dan budaya Muslim secara lokal, nasional dan Internasional.

Rombongan UIN Walisongo diterima oleh Tim Alwaleed Center pada Senin (18/3/2024). Dalam kegiatan pertemuan inisiasi UIN Walisongo dipimpin oleh Prof. Nizar, M.Ag. (Rektor) didampingi oleh Prof. Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M.Ag. (Wakil Rektor I), Prof.Dr. H.Muhyar Fanani, M.Ag. (Wakil Direktur Pascasarjana), Nadiatus Salama, Ph.D. (Kepala Kantor Layanan Internasional dan Fertiana Santy, Ph.D (Ahli Madya Analis Kebijakan Kementerian Agama RI).



Sedangkan The Edinburg Alwaleed Centre diwakiliki oleh Tom Lea (Manajer Alwaleed Center), Siti Sarah Muwahidah, (Early Career Teaching and Research Fellow di Alwaleed Center), dan Muhammad Rofiq, visiting fellow pada IASH (Institute for Advanced Studies in the Humanities).

Rektor UIN Walisongo Prof.Dr.Nizar,M.Ag. menyampaikan tujuan dari kegiatan inisiasi kerjasama salah satunya adalah penguatan kajian tentang studi Islam dan Timur Tengah. Ada kesamaan fokus kajian tentang dunia muslim hal ini selaras dengan UIN Walisongo sebagai Universitas Islam Negeri.

“Melalui inisiasi kerjasama ini diharapkan akan banyak kegiatan akademis yang bisa dilakukan bersama, seperti visiting lecturer, kolaborasi penelitian, pendidikan singkat untuk mahasiswa, dan lain sebagainya,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (20/3/2024)

Alwaleed Center berbasis di Fakultas Sastra, Bahasa dan Budaya Universitas Edinburg dan berafiliasi dengan Studi Islam dan Timur Tengah. Alwaleed Center pada dasarnya bersifat interdisipliner menghubungi berbagai sekolah dan departemen di Universitas Edinburg melalui fokusnya dan dunia muslim.

The Edinburg Alwaleed Centre berkomitmen untuk mendorong pemahaman yang lebih baik tentang Islam dan dunia Muslim melalui penelitian inovatif, pengajaran dinamis dan proyek penjangkauan yang inovatif.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4375 seconds (0.1#10.140)