Orang Tua Sebaiknya Memilih Produk Bayi Sesuai Jenis Kulit

Sabtu, 06 Oktober 2018 - 08:35 WIB
Orang Tua Sebaiknya Memilih Produk Bayi Sesuai Jenis Kulit
Orang Tua Sebaiknya Memilih Produk Bayi Sesuai Jenis Kulit
A A A
SEBAGAI kelanjutan dari komitmen Johnson & Johnson untuk meningkatkan kesehatan individu, PT Johnson & Johnson Indonesia dan Kanmo Group selaku distributor eksklusif menggandeng Mothercare dalam mengadakan Aveeno Baby Community Gathering with Mothercare bertema “Kulit Bayi Sehat Alami Bersama Aveeno (Naturally Healthy Baby Skin with Aveeno)”.

Acara diselenggarakan pada Minggu (23/9) di La Moda, Plaza Indonesia. Tujuannya mengedukasi kembali masyarakat mengenai kondisi kulit bayi yang sensitif dan pentingnya menggunakan produk yang tepat dalam merawat kulit bayi.

Dr M Akbar Wedyadhana SpKK FINS-DV dari Senopati Skin Center sebagai pembicara menjelaskan beberapa fakta mengenai kulit bayi dan cara perawatan yang tepat. Menurutnya, bayi dilahirkan dengan kulit yang sangat sensitif, bersifat unik, dan secara alami jauh lebih kering dibandingkan kulit orang dewasa.

Pada dasarnya, struktur kulit bayi kecil Anda mencapai 30% lebih tipis daripada kulit Anda dan dapat kehilangan kelembapan lebih cepat, bahkan dua kali lebih cepat pada kenyataannya, yang berarti rentan terhadap kekeringan dan iitasi.

Saat ini di banyak kota besar, bayi lebih sering berada di lingkungan atau ruangan dingin yang dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan gatal. Permasalahan kulit yang timbul akibat kulit bayi yang sensitif ini sering menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi orang tua.

“Kulit bayi dan anak berbeda dengan orang dewasa. Walau strukturnya sama, belum berfungsi dengan optimal. Kulit bayi dan anak lebih tipis, jaringan antarsel relatif lebih longgar, sistem pertahanan tubuh alamiah maupun adaptif di kulit belum cukup matang. Kondisi kulit yang belum berfungsi matang inilah yang membuat kulit bayi rentan terjadi ruam, iritasi, dan masalah kulit lainnya.

Maka itu, sangat disarankan untuk merawat kulit bayi secara tepat, khususnya bayi dengan riwayat kulit sensitif atau eksim (dermatitis atopik), menggunakan produk perawatan berpelembap (moisturizer) yang mengandung emolien.

Salah satu jenis emolien yang bisa dipilih adalah colloidal oatmeal yang dapat mengatasi kekeringan kulit, menurunkan peradangan, dan memperbaiki sawar kulit. Hindari penggunaan produk yang mengandung deterjen, antiseptik, pewangi, atau alkohol yang dapat menye babkan kulit bayi kering dan mencetuskan ruam. Karena itu, pemilihan produk kulit yang tepat untuk bayi perlu dipahami dengan baik oleh orang tua,” ungkap dr M Akbar Wedyadhana.

Selanjutnya, PT Johnson & Johnson Indonesia telah meluncurkan produk Aveeno Baby pada pertengahan Juli 2018. Produk ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kulit bayi, baik yang normal maupun sensitif, serta memberikan manfaat untuk melembapkan kulit bayi.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5631 seconds (0.1#10.140)