Sensasi Unik Menikmati Bakso dengan Tempurung Kelapa Muda

Selasa, 09 Oktober 2018 - 22:29 WIB
Sensasi Unik Menikmati Bakso dengan Tempurung Kelapa Muda
Sensasi Unik Menikmati Bakso dengan Tempurung Kelapa Muda
A A A
KENDAL - Warung bakso "Kondang Roso" di Patebon, Kendal, Jawa Tengah sama dengan warung bakso lainnya, namun yang membedakan hanya menu bakso yang ditawarkan. Namanya bakso kelapa muda, menu baru ini merupakan inovasi Hijrah Budi Raharjo, warga Patebon. Bakso disajikan dalam wadah kelapa muda dan campuran sedikit kelapa muda untuk menambah rasa gurih.

Wadah yang digunakan bukan tempurung kelapa muda bekas, namun diambil dari kelapa muda yang masih baru. Kelapa muda ini nantinya akan menjadi minuman pendamping bakso, tempurungnya digunakan sebagai wadah bakso. Hijrah sendiri mengaku baru empat bulan membuat inovasi ini.

Awalnya, dia hanya menjual bakso biasa, untuk menarik pengunjung yang bosan dengan menu bakso biasa, Hijrah membaca buku tentang kesehatan. Dari situlah muncul ide untuk menggabungkan bakso dengan kelapa muda, yang menurutnya banyak khasiatnya.

Menurut Hijrah, cara membuat bakso tidak ada yang berbeda dengan bakso pada umumnya, hanya wadahnya saja. Mi dan sayuran dimasukkan ke tempurung kelapa muda, kemudian disiram dengan kuah lengkap dengan bakso dan irisan daging.

Bagi penggemar bakso, menu ini diyakini lebih gurih dan enak. "Rasa baksonya lebih gurih, kuahnya juga lebih segar karena ada sedikit campuran irisan kelapa muda yang tersisa," ungkap seorang penggemar bakso asal Semarang, Uswah.

Senada dengan Uswah, penikmat bakso lainnya, Eko Purwanto juga memuji kenikmatan bakso kelapa muda tersebut. "Irisan kelapa muda yang masih menempel di tempurung menjadi sensasi sendiri saat menikmati bakso. Kuahnya juga lebih gurih dan segar, karena ada sedikit campuran air kelapa," ulas Eko.

Hijrah menambahkan jika bakso kelapa muda yang dijajakannya selain memiliki khasiat, rasanya juga semakin gurih, karena kuah bakso yang disajikan ditambah dengan rempah-rempah.

Dalam sehari, warung bakso Kondang Roso ini bisa menghabiskan 60 buah kelapa muda untuk wadah baksonya. Bahkan untuk akhir pekan, Hijrah harus menyiapkan kelapa muda lebih banyak karena bisa menghabiskan hingga 150 buah.

Harga yang dipatok Hijrah untuk menu bakso andalannya ini juga relatif terjangkau. Pembeli cukup mengeluarkan dana sebesar Rp25.000 untuk mendapatkan bakso kelapa muda dengan paket satu gelas kelapa muda segar.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1135 seconds (0.1#10.140)