Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara Digelar

Rabu, 10 Oktober 2018 - 12:24 WIB
Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara Digelar
Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara Digelar
A A A
PEMILIHAN Putra Putri Batik Nusantara 2018 kembali digelar. Acara yang diinisiasi oleh Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) dan didukung oleh Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI digelar kedelapan kalinya.

Batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO sebagai Masterpieces of The Oral and Intangible Heritage of Humanity dari Indonesia merupakan latar belakang dari kegiatan ini.

Dengan adanya pemilihan Putra Putri Batik Nusantara, diharapkan menjadi wahana yang efektif untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan pada warisan budaya Nusantara di kalangan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa, sekaligus untuk meningkatkan industri batik di Tanah Air.

Ketua Umum Ikatan Pencinta Batik Nusantara Ayu Dyah Pasha mengatakan, “Saat ini generasi muda tidak hanya memberikan dampak menambah rasa cinta dan bangga di kalangan anak muda, juga mampu memberikan dampak lebih yaitu memberikan warna pada batik itu, seperti penambahan desain dan motif yang lebih unik dan menambahkan bahan lain untuk dipadupadankan dengan batik tersebut.

Itu juga salah satu hal yang membuat batik zaman sekarang lebih terlihat wah dan menarik untuk dipakai,” sebutnya. Keberhasilan penyelenggaraan Putra Putri Batik Nusantara selama tujuh periode telah membuka kemungkinan yang lebih luas bagi generasi muda yang menjangkau 34 provinsi di Indonesia untuk dapat turut serta mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia ke dunia internasional.

Putra Putri Batik Nusantara juga diberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan mengenai batik Nusantara guna dapat disebarluaskan kepada generasi muda. Banyak juga kerja sama yang dijamin oleh Ikatan Pencinta Batik Nusantara untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas.

Salah satunya adalah Batik A ttach, yaitu program untuk menyosialisasikan dan mengedukasikan dengan sekolah dan perusahaan swasta mengenai batik. Sapta Nirwandar, Inisiatif dan Founder IPBN, menyebutkan, “Bukan hanya itu, tetapi ada juga edutrip batik, yaitu belajar mengenai teknik batik. Ada juga gelar batik muda Nusantara, yaitu acara tahunan IBN dengan berbagai macam acara talkshow, lomba, dan cara membuat batik.”
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4297 seconds (0.1#10.140)