alexametrics

Perawatan Kulit dengan Produk Vegetarian

loading...
Perawatan Kulit dengan Produk Vegetarian
Perawatan Kulit dengan Produk Vegetarian
A+ A-
GAYA hidup vegetarian kini tidak hanya terfokus pada makanan, juga pada produk kecantikan. Hal ini karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat bahwa gaya hidup tersebut tidak hanya baik untuk kecantikan pribadi, juga lingkungan sekitar.President of Vegan Society Indonesia & Founder of World Vegan Organization Dr Susianto Tseng menyebutkan, menerapkan gaya hidup vegetarian atau vegan merupakan pilihan untuk hidup lebih sehat dan lebih ethical.

Menurut dia, istilah vegetarian ataupun vegan memiliki makna yang berbeda. “Vegetarian tidak memakan segala jenis daging yang berasal dari hewan, namun masih memakan turunannya seperti susu, telur, dan olahannya.

Sedangkan Vegan sama sekali tidak memakan daging ataupun turunan dari hewan,” ujar Susianto saat ditemui di Senayan City, Jakarta, Selasa (2/10). Menurut Susianto, orangorang yang memilih menjadi vegan dengan alasan ethical, biasanya sama sekali tidak menggunakan pakaian, sepatu, benda-benda yang mengandung unsur hewan, termasuk kecantikan.

Hal ini, menurutnya, juga berlaku bagi orang yang memilih gaya hidup vegetarian, cenderung memilih produk termasuk produk kecantikan yang vegetarian.

“Seperti halnya bagi tubuh, menggunakan produk kecantikan vegetarian memiliki manfaat positif bagi kesehatan kulit kita,” ujar Susianto. Setiap tahunnya kebutuhan orang pada produk kecantikan terus meningkat.

Berdasarkan data yang dihimpun Euromonitor International, penjualan produk kecantikan secara global akan melebihi USD166 miliar pada 2019. Pada tahun 2014 hingga 2019 diperkirakan penambahan keuntungan dari sektor ini diperkirakan USD25,5 miliar.

Sementara itu berdasarkan survei yang dilakukan oleh Green Beauty Barometer, pada tahun 2016 sebanyak 59 persen perempuan di atas usia 35 tahun percaya bahwa membeli produk kecantikan vegetarian adalah hal yang baik.

Nah yang menarik, sekitar 73 persen orang-orang yang lebih muda, yakni di bawah usia 35 tahun, percaya bahwa produk kecantikan vegetarian itu baik. “Semakin muda seseorang, semakin percaya bahwa produk kecantikan vegetarian baik untuk tubuh maupun lingkungan sekitar,” ujar make - up artist Bonnie Gillies, seperti dilansir D ailymail.co.uk.

Gillies menambahkan, memilih produk kecantikan vegetarian, bukan berarti mengorbankan kualitas. Justru kini konsumen bisa mendapatkan produk kecantikan vegetarian berkinerja tinggi dan berkualitas.

The Body Shop, sebagai perusahaan produk kecantikan, memiliki beragam jenis produk yang 100 persen vegetarian. Brand kecantikan ini merayakan Hari Vegetarian Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Oktober lalu.

GM Corporate Affairs and Sustainability The Body Shop Indonesia Rika Anggraini menuturkan, tujuan kegiatan ini untuk dapat memberikan informasi mengenai manfaat menerapkan gaya hidup vegetarian, termasuk menggunakan produk kecantikan yang 100 persen vegetarian.

Rika menjelaskan, yang dimaksud produk kecantikan vegetarian, berarti semua produk bebas dari bahan-bahan yang berasal dari hewan yang diperoleh sebagai hasil dari penyembelihan atau menyakiti hewan.

Menurutnya, produkproduk vegetarian dapat mencakup bahan-bahan dasar produk yang berasal dari hewan yang tidak melibatkan penyembelihan atau menyakiti hewan. “Bahan-bahan ini biasanya berupa madu, lilin lebah (beeswax ), dan lanolin,” ujar Rika.

Pada dasarnya, menurut Rika, pihaknya tetap berkomitmen sebagai crueltyfree produk kecantikan yang bukan hanya tidak diujicobakan terhadap hewan (against animal testing ), juga tidak mengandung bahanbahan yang berasal dari hewan melalui proses penyembelihan atau menyakiti hewan.

Di samping itu, pihaknya memiliki tiga hal yang diterapkan menyangkut formula di dalam produk. “Ketiga hal tersebut, di antaranya clean (dermatology tested, nonnasties policy ), lalu natural (100 persen vegetarian, menggunakan renewable ingredients dan green chemistry ), dan conscious (forever against animal testing dan diperkaya oleh community trade ingredients),” ujar Rika.

Rika menyebutkan, hampir semua produk kecantikan The Body Shop merupakan produk vegetarian. Produk tersebut di antaranya rangkaian skincare, yaitu Drops of Youth, Fragrance dengan Elixirs of Nature. “Lalu di kategori make-up, ada Fresh Nude dan Matte Clay, serta masih banyak produk lainnya,” sebut Rika.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak