alexametrics

Ateng dan Iskak Dihidupkan Kembali Lewat Film Lagi-Lagi Ateng

loading...
Ateng dan Iskak Dihidupkan Kembali Lewat Film Lagi-Lagi Ateng
Augie Fantinus dan Soleh Solihun dipercaya buat menghidupkan kembali sosok komedian legendaris Ateng dan Iskak dalam film besutan Monty Tiwa, Lagi-Lagi Ateng. (KORAN SINDO/Thomas Manggala)
A+ A-
JAKARTA - Duo komedian legendaris Ateng dan Iskak yang pernah populer pada tahun 1960an—1990an akan dihidupkan kembali lewat film berjudul Lagi Lagi Ateng. Aktor Augie Fantinus dipercaya memerankan tokoh Ateng. Sedangkan komika Soleh Solihun menjadi Iskak.

Film yang diproduksi oleh 13 Entertainment ini hadir dengan cerita baru yang penuh unsur komedi serta pesan moral dan kecintaan pada keluarga ini. Sosok Ateng yang bertubuh pendek dan gemuk serta Iskak yang tinggi semampai begitu kompak mengocok perut penonton dengan tingkah polos mereka pada film-filmnya terdahulu yang begitu populer seperti Ateng Minta Kawin, Ateng Kaya Mendadak dan Ateng Godfather.

Berperan sebagai Ateng, Augie pun harus melakukan penyesuaian terhadap sosok Ateng yang terkenal dengan perawakannya yang bermata sipit dan bertubuh gemuk. Untuk mendalami karakternya tersebut, pria berumur 39 tahun ini rela menambah bobot tubuhnya hingga beberapa kilogram karena ingin terlihat lebih berisi secara nyata, dibanding harus menggunakan properti penunjang.

"Ini adalah berkah, karena gua pendek dan gemuk dan untuk main film ini gue harus naikin berat badan dengan total 5 sampai 6 kg Kalau (besar) perut, banyak yang bisa dilakuin di film. Cuma, buat gue, real itu lebih baik dibandingkan fake. Tapi, syuting selesai, gue ingin ngurangin berat badan untuk sehat saja,” ujar Augie saat ditemui SINDOnews.com di gedung Soho kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Menurut ayah dari Enzo Wiyana ini, memerankan pelawak legendaris mendiang Ateng adalah sebuah kebanggaan untuk Augie. Dia tidak menyangka bahwa akan didapuk menjadi pemeran pelawak legendaris yang bernama lengkap Andreas Leo Ateng Suripto tersebut meski diakui ada beban pula yang ditanggung Augie saat menerima karakter tersebut.

“Bahagia banget, senang banget, puji Tuhan ini karena pertama kali gue jadi pemain peran utama. Ini menjadi kesempatan berharga, karena gue memerankan seorang tokoh legendaris Salah satu yang dilakukan bisa menyenangkan penonton. Beban moral ke keluarga almarhun Oom Ateng dan Oom Iskak. Pengin beri yang terbaik,” tutur Augie.

Sebelum mendapat tawaran untuk berperan dalam film karya Monty Tiwa itu, istri Augie, Adriana Bustami menyebutkan bahwa sang suami sedang menjalani diet. “Eh, enggak lama diet, dapat tawaran (main film) ini dan mengharuskan dia untuk tidak diet dan harus naikin berat badan,” ucap Adriana di lokasi yang sama.

Kebanggan yang sama juga dialami oleh aktor yang juga komedian Soleh Solihun bisa terlibat sebagai Iskak dalam film Lagi-lagi Ateng. Awal mula Soleh bisa bergabung di film Lagi-lagi Ateng karena mendapat tawaran langsung dari produser film tersebut, Manoj K. Santani.

“Saya suka sama sosok Ateng, Iskak, ya saya terima apalagi sosok Monty Tiwa juga menjadi alasannya menerima tawaran bermain film ‘Lagi-lagi Ateng Saya tahu kalau Monty, dia jago kalau di (film komedi dan drama),” ucap Soleh.

Pada awalnya, pemain film Reuni Z itu merasa terbebani ketika memerankan Iskak. Bagi dia, memerankan karakter rekaan jauh lebih mudah dibanding tokoh nyata. Meski begitu, Soleh akhirnya bisa mengatasi masalah yang dihadapinya. Dia merasa lega setelah memegang restu dari keluarga Iskak.

Selain itu, Soleh merasa bersyukur karena Monty tidak menuntut dirinya supaya bisa sepenuhnya atau meniru 100% menjadi sosok Iskak. Dia juga memperoleh kebebasan dari sang sutradara, sehingga dia akhirnya mencoba untuk menerjemahkan karakter Iskak berdasarkan interpretasinya.

“Ini murni interpretasi Soleh Solihun sebagai Iskak, enggak mungkin Soleh 100% seperti Iskak. Yang saya bisa lakukan adalah menerjemahkan karakter Iskak menurut versi Soleh Solihun Enggak mungkin Soleh 100% jadi Iskak dan Monty kasih kebebasan sama saya. Ini juga kita namanya tribut untuk Ateng, Iskak. Jadi, ini adalah interpretasi seorang Soleh Solihun terhadap sosok Iskak,” tutur Soleh.

Ketika bermain di film Lagi-lagi Ateng yang rencananya tayang pada tahun 2019, Soleh mencoba menerjemahkan cara tertawa Iskak. Dia menyadari gaya ketawanya Iskak tidak mungkin bisa ditiru 100%. Meski begitu, Soleh berupaya memberikan yang terbaik.

“Kayak kita bikin lagu, mendaur ulang, kan enggak mesti sama plek-plekan. Kalau sama banget buat apa didaur ulang,” kata Soleh.

Aktris cantik Julie Estelle juga tampil di film ini sebagai Cemplon. Adik Cathy Sharon ini mengaku bangga bisa terlibat di film yang sudah melegenda di masyarakat Indonesia.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak