Bunda, Begini Cara Masak Bebek Goreng Madura

Sabtu, 13 Oktober 2018 - 18:30 WIB
Bunda, Begini Cara Masak Bebek Goreng Madura
Bunda, Begini Cara Masak Bebek Goreng Madura
A A A
JAKARTA - Bebek menjadi daging yang sulit diolah. Selain amis, dagingnya juga keras. Itu sebab banyak orang malas untuk membuat masakan berbahan dasar bebek. Padahal, dengan teknik yang tepat, bebek bisa begitu empuk dan tak amis.

Untuk mencobanya, Anda bisa membuat Bebek Goreng Madura. Rudi Choirudin berbagi resep membuat menu lezat ini melalui program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1:
1 ekor bebek, disiangi dan dipotong 4 bagian
1 liter air yang mendidih
1 sdm garam

Bahan 2: (haluskan)
8 siung bawang putih
4 butir kemiri
5 cm jahe
5 cm lengkuas
1 ¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
1 sdm Desaku Ketumbar Bubuk
1 sdt Ladaku Merica Bubuk
2 buah cabai rawit
2 sdt garam
3 sdm air

Bahan 3:
6 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
1.750 ml air

Bahan 4:
100 gram kelapa diongseng hingga kecoklatan
500 ml minyak untuk menggoreng bebek

Bahan 5:
10 buah cabai rawit merah
1 sdt terasi goreng
4 butir kemiri
¾ sdt garam
3 sdm minyak kelapa, panaskan
1 buah belimbing sayur
100 g mangga muda (pencit), diserut halus

Cara Membuat:
Rebus 1 liter air hingga mendidih, masukkan garam, kemudian masukkan bebek. Rebus selama 10 menit saja, kemudian angkat bebeknya dan buang airnya.

Rebus bebek dengan bumbu halus bahan 2 dan bahan 3 di dalam panci perebus. Masak dengan api sedang hingga air menyusut tinggal setengah bagian. Tutup panci, lalu kecilkan api. Masak hingga bebek benar-benar empuk.

Matikan api dan biarkan bebek menjadi dingin dan baru dapat diangkat, tiriskan bebek dan jangan buang bumbu perebusnya ini sebab akan dipakai untuk membuat bumbu kelapanya.

Panaskan minyak goreng hingga cukup panasnya, goreng bebek hingga permukaannya kering, namun bagian dalamnya masih basah, angkat, tiriskan.

Untuk membuat bumbu kelapanya, panaskan sisa bumbu nya hingga agak mengental, masukkan kelapa ongsengnya, aduk rata benar, angkat sisihkan.

Untuk membuat sambal pencitnya, haluskan cabai, terasi dan garam hingga halus. Beri minyak kelapa yang sangat panas. Kemudian haluskan lagi kemirinya hingga halus benar. Masukkan belimbing sayur haluskan, masukkan manga mudanya, aduk rata. Sajikan bebek goreng, bumbu bebek kelapa dan sambal mangga mudanya. Selamat menikmati!
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4776 seconds (0.1#10.140)