4 Teror Paling Mematikan di Rusia

Minggu, 24 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
4 Teror Paling Mematikan di Rusia
Rusia mengalami serangkaian aksi teror dalam beberapa dekade terakhir. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Penembakan di gedung konser Moskow pada 23 Maret telah menjadi serangan teroris paling mematikan di Rusia dalam dua dekade. Dalam 25 tahun terakhir, Rusia telah menyaksikan beberapa serangan teroris, yang dilaporkan terjadi di Chechnya dan wilayah lain di Kaukasus Utara. Beberapa di antaranya bermotivasi agama; ada pula yang dilakukan oleh kelompok separatis dengan tuntutan politik.

Perjuangan melawan teror telah memungkinkan Kremlin mengkonsolidasikan kekuasaan dan membatasi kebebasan politik dan publik.

4 Teror Paling Mematikan di Rusia

1. Pengeboman Apartemen (1999)

4 Teror Paling Mematikan di Rusia

Foto/Reuters

Melansir DW, pada bulan September 1999, empat ledakan melanda blok apartemen di Moskow; Buynaksk, di Republik Dagestan; dan Volgodonsk, di Rusia selatan. Ledakan tersebut menewaskan lebih dari 300 orang, menyebabkan 1.700 orang terluka, dan menyebarkan ketakutan di antara jutaan orang di seluruh negeri.

Kremlin menyalahkan milisi Chechnya atas serangan tersebut. Meskipun beberapa orang menganggapnya sebagai teori konspirasi, beberapa jurnalis dan analis Rusia percaya bahwa ledakan tersebut mungkin diatur oleh badan intelijen Rusia sendiri.

Pengeboman blok apartemen adalah salah satu faktor yang membenarkan pengiriman pasukan ke Chechnya untuk Perang Chechnya Kedua. Tanggapan ini memberikan peningkatan popularitas bagi Vladimir Putin, yang menjabat perdana menteri saat itu, menjelang pemilihan presiden pertamanya.


2. Krisis Penyanderaan Teater Moskow (2002)

4 Teror Paling Mematikan di Rusia

Foto/Reuters

Pada bulan Oktober 2002, militan bersenjata Chechnya merebut Teater Dubrovka yang ramai di pusat kota Moskow saat pertunjukan musikal populer "Nord-Ost." Lebih dari 900 penonton dan pemain disandera. Para penyerang menuntut penarikan pasukan Rusia dari Chechnya.

Setelah tiga hari negosiasi, pasukan khusus Rusia menyerbu gedung tersebut, setelah melepaskan gas ke dalam auditorium. Semua 40 penyandera tewas. Sekitar 130 sandera tewas, dan beberapa ratus lainnya terluka, sebagian besar disebabkan oleh efek gas dan keterlambatan bantuan medis. Rumus kimia gas tersebut dirahasiakan.

Serangan itu mengakibatkan tindakan keras terhadap separatis Chechnya. Putin berjanji akan merespons dengan tindakan yang “sesuai dengan ancaman tersebut, dengan menyerang semua tempat di mana teroris mungkin berada.” Setelah serangan itu, Duma Rusia juga mengesahkan undang-undang anti-terorisme, termasuk pembatasan terhadap media. Bertahun-tahun setelah serangan itu, kelompok hak asasi manusia melaporkan bahwa warga Chechnya di Moskow menjadi sasaran pelecehan polisi.

3. Pengepungan Sekolah Beslan (2004)

4 Teror Paling Mematikan di Rusia

Foto/Reuters

Pada tanggal 1 September 2004, hari pertama tahun ajaran baru di Rusia, teroris bersenjata menduduki sebuah sekolah di kota Beslan, di Ossetia Utara. Mereka menyandera lebih dari 1.100 orang, termasuk 777 anak-anak. Para penyandera adalah pemberontak Chechnya di bawah komando Shamil Basayev, yang menuntut penarikan pasukan Rusia dari Chechnya dan pengakuan kemerdekaan wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)