alexametrics

Sculptural Heels, Alas Kaki Eksentrik yang Jadi Tren

loading...
Sculptural Heels, Alas Kaki Eksentrik yang Jadi Tren
Sculptural Heels, Alas Kaki Eksentrik yang Jadi Tren
A+ A-
SCULPTURAL HEELS adalah alas kaki eksentrik yang kini tengah digandrungi pencinta mode. Sejumlah desainer dan label mode ternama pun sudah menghadirkan koleksi sculptural heels yang unik sekaligus futuristik.

Menurut pembuat sepatu asal Tel Aviv, Israel, Kobi Levi, sculptural heels adalah item mode yang paling eksentrik saat ini. Sepatu unik ini dihadirkan dengan bagian hak yang berstruktur.

“Sepatu ini membuat penampilan lebih atraktif karena siluetnya yang mencuri perhatian,” ujar Levi, dilansir dailymail.co.uk. Desainer sepatu favorit Lady Gaga ini menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, para perancang sepatu telah memutuskan memfokuskan kreativitas untuk menciptakan tampilan sepatu hak tinggi yang unik.Menurutnya, mahakarya buatan ini sering mengeksplorasi desain baru dan siluet inovatif yang mendobrak aturan sepatu konvensional.“Kata kunci untuk sculptural heels adalah menakjubkan, selalu. Mungkin akan lebih tepat untuk menampilkannya di museum,” ujar Levi. Levi menerangkan, di antara inspirasi desainer pencipta sculptural heels, ada gerakan artistik seperti surealisme, yaitu tumit menjadi patung kecil.

Para desainer tersebut mengambil inspirasi dari bentuk geometris tertentu atau unsur alam. Teknik pahatan dan bahan yang digunakan pun kian variatif. Berbagai bahan bisa digunakan untuk menciptakan sculptural heels, seperti kayu, gabus, dan senyawa tembus pandang.Untuk menciptakan sculptural heels, Levi menyarankan beberapa hal. Salah satu di antaranya siluet sepatu minimalis. Hal ini penting dilakukan agar hak sepatu yang tinggi menjadi sorotan utama sepatu tersebut.

“Terlalu banyak aksesori atau potongan flamboyan yang dipasangkan bersama bisa membuat gaya sculptural heels terlalu eksentrik,” ungkap Levi. Dame Zara Hadid adalah perancang yang sering berkolaborasi dengan beberapa label mode ternama untuk menciptakan sculptural heels.

Perempuan yang lebih dikenal sebagai seorang arsitek ini pernah bekerja sama dengan Louis Vuitton, Swarovski, dan Melissa, sebuah merek sepatu dari Brasil. Hadid pernah berkolaborasi dengan label sepatu United Nude pada 2013. Keduanya meluncurkan sebuah sepatu hak tinggi yang futuristik bernama Nova Shoes.

“Di koleksi ini, saya menciptakan sepatu hak seperti arsitektur bangunan yang terbuat dari chrome rubber. Bagian luar sepatu ini terbuat dari metal chromed vinyl Rubber, sedangkan bagian heels dan lapisan bawahnya dibuat dari fiberglass,” ujar Hadid, dilansir dezeen.com.

Dia mengaku orang yang selalu menghargai siapa pun yang berani bereksperimen dengan bahan dan proporsi. Menurutnya, kolaborasi ini menginterpretasikan tipologi sepatu klasik yang digabungkan dengan modernitas. “Sepatu ini hanya diproduksi 100 pasang dalam warna hitam, bronze, dan rose gold,” ujar Hadid. Selain Hadid, Rene van den Berg adalah desainer lain yang sering menciptakan sepatu unik, tidak terkecuali jenis sculptural heels .

Pembuat sepatu asal Belanda ini menciptakan sepatu seperti capit kepiting yang diberi nama The Scary Beautiful. “Sepatu ini memiliki dua heels sama tinggi. Namun, satu heels yang ada di depan memiliki ukuran lebih kecil dibanding heels di belakang,” ujar Berg.

Sejumlah label mode papan atas dalam beberapa tahun terakhir menciptakan sculptural heels. Misalnya, Tory Burch dengan Firenza Metallic Leather Sandals. Desain sepatu ini terinspirasi sepotong kulit kayu sehingga tampak bernuansa abstrak. Selain itu, alas kaki ini tampil dengan kulit warna emas nan glamor. Pada koleksi sepatu Resort Spring/Summer 2015, Jimmy Choo menghadirkan sculptural heels berbahan kayu bertumpuk.

Sementara Yves Saint Laurent menghadirkannya dengan ikon logo berwarna emas di bagian tumit pada koleksi spring/summer 2017. Untuk koleksi sepatu fall/winter 2018, label asal Inggris, Mulberry, memamerkan sepatu Victoria yang terinspirasi oleh sepatu indah dari abad ke-19. Hak sepatu ini dipengaruhi desain antik kotak porselen. “Sepatu sculptural heels akhir-akhir ini menjadi item street wear yang ditampilkan di jalanan Kota Paris, Milan, dan New York,” ujar Levi.
(don)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak