alexametrics

Demi Sang Putri, Jet Li Terima Tawaran Tampil di Film Mulan

loading...
Demi Sang Putri, Jet Li Terima Tawaran Tampil di Film Mulan
Jet Li berubah pikiran untuk menerima tawaran turut serta dalam film live action Disney, Mulan, setelah ditanyai dan diminta langsung putri bungsunya, Jada Li. (The Washington Post)
A+ A-
BEIJING - Dalam beberapa tahun belakangan, wajah Jet Li sudah jarang terlihat menghiasi layar bioskop. Aktor asal China itu seperti tiba-tiba menghilang dan tidak diketahui kabarnya.

Belakangan beredar kabar kalau Jet sedang sakit keras. Fotonya yang memperlihatkan dia sudah tua dan pucat beredar luas di internet pada Mei lalu. Jet sudah mengonfirmasikan bahwa dirinya baik-baik saja.

Pria bernama asli Li Lianjie itu mengatakan, berkurangnya penampilannya di layar lebar tidak ada kaitannya dengan kesehatannya yang memburuk. Namun, belakangan, dia sedang sibuk untuk mengurusi kegiatan amalnya.

“Tiap kali saya dengar kabar kalau saya sekarat, saya jadi bingung dan kemudian saya pikir itu lucu,” ungkap Jet saat tampil di acara A Date with Luyu, yang dikutip Jaynestars.

Meski sudah jarang tampil di layar lebar, Jet dipastikan akan muncul di film live action terbaru Disney, yaitu Mulan. Di film ini, Jet akan berperan sebagai kaisar China yang memerintahkan setiap keluarga untuk mengirimkan anak laki-lakinya berperang.

Peran itu tidak dengan begitu saja diterima Jet. Pria berusia 55 tahun itu mengakui, awalnya dia tidak berniat untuk menerima tawaran ikut serta dalam film itu karena naskah dan bayarannya tidak membuatnya tertarik.

Namun, Jet kemudian berpikir ulang dan akhirnya menerima tawaran itu karena putri bungsunya, Jada Li. ABG berusia 15 tahun itu meminta sang ayah membintanginya.

“Putri saya yang berusia 15 tahun bertanya pada saya, ‘Apa ayah kekurangan uang? Kalau Ayah tidak sedang butuh uang dan ada perusahaan seperti Disney yang ingin membuat film dengan latar budaya China, kenapa Ayah tidak ikut serta?’” ujar Jet menirukan ucapan putrinya.

Pertanyaan Jada itu membuatnya tidak bisa berkata apa-apa. Dan, apa yang diucapkan Jada selanjutnya membuatnya berubah pikiran. “Apa ayah bisa berakting di film ini untukku?” pinta Jada kala itu.

Belum sempat Jet menjawabnya, tiba-tiba putrinya yang lain ikut menimpali. “Lakukan itu untuk kami berdua,” sahutnya.

Selanjutnya, bisa ditebak. Jet pun akhirnya menerima tawaran tersebut. Film live action Mulan akan dirilis pada Maret 2020. Selain Jet, film ini juga akan dibintangi Gong Li yang berperan sebagai tokoh jahat, Liu Yifei yang memerankan Mulan dan juga Donnie Yen sebagai mentor Mulan.

Bagi Jet, bukan perkara mudah untuk langsung menerima tawaran bermain di film produksi Hollywood. Memulai debutnya lewat Lethal Weapon 4 (1998), Jet harus menerima kegagalan saat menjadi bintang utama Romeo Must Die dua tahun kemudian. Kegagalan ini membuatnya meninggalkan kesan yang tak baik di mata audiens internasional.

Nasib Jet bisa berubah kalau saja dia menerima tawaran untuk berperan di serial The Matrix, yaitu The Matrix Reloaded dan The Matrix Revolutions. Sayang, dia menolak tawaran itu karena masalah komersial. Awalnya, dia sempat syuting selama tiga bulan dan juga berpartisipasi dalam behind the scene selama 9 bulan.

“Selama 6 bulan, mereka mengambil semua aksi saya dan mengubahnya menjadi data komputer. Semuanya disalin dan hak ciptanya ada pada mereka. Seni bela diri yang saya praktikkan seumur hidup saya dipatenkan orang Amerika,” tutur dia.

Merasa dimanfaatkan, dia bertanya kepada dirinya sendiri apakah hidupnya akan ditulis ulang jika dia memutuskan ikut serta dalam film itu. Pada akhirnya, dia memilih untuk tidak menerima tawaran itu. “Saya tidak akan melakukannya. Kalian tidak bisa mengambil properti intelektual saya,” ujar Jet.

Meskipun dia tidak menyebutkan peran apa yang ditawarkan kepadanya, diyakini kalau dia ditawarin untuk memerankan Seraph di film itu. Peran itu akhirnya diberikan kepada aktor Taiwan, Collin Chou.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak