Gebrakan Baru, Elon Musk Ciptakan Alat untuk Bantu Orang Buta Melihat

Senin, 25 Maret 2024 - 18:10 WIB
loading...
Gebrakan Baru, Elon Musk Ciptakan Alat untuk Bantu Orang Buta Melihat
Neuralink tengah menyempurnakan perangkat Blindsight. (Foto: National Library of Medicine)
A A A
JAKARTA - Elon Musk menyatakan perusahaannya, Neuralink, tengah membuat alat baru bernama Blindsight. Perangkat inovatif ini diklaim mampu memulihkan penglihatan orang buta.

Menurut Musk, Blindsight telah diuji coba pada monyet dan menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan. Dia menggambarkan pada tahap awal, pengalaman visual yang diberikan oleh Blindsight akan mirip dengan grafis Nintendo era 1980-an.

Namun, Musk optimistis seiring berjalannya waktu, teknologi ini akan melampaui kemampuan penglihatan manusia normal.



Kendati demikian, proyek Neuralink tidak lepas dari sorotan publik. Dilansir dari Daily Mail, Senin (25/3/2024), sejumlah pihak mengkhawatirkan pendekatan perusahaan dalam penelitian dan pengujian produknya, terutama terkait dengan penderitaan hewan dalam percobaan. Sama seperti proyek implan otak Neuralink sebelumnya.



Meski menghadapi banyak tantangan, proyek- proyek Neuralink , termasuk proyek Blindsight, mewakili langkah maju dalam penelitian antarmuka otak-komputer dan pemulihan penglihatan. Dengan persetujuan FDA untuk melanjutkan uji coba pada manusia, Neuralink diprediksi akan terus menjadi sorotan dalam dunia teknologi dan kesehatan.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)