Kulkas 2 Pintu atau 1 Pintu? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Selasa, 26 Maret 2024 - 12:37 WIB
loading...
Kulkas 2 Pintu atau 1 Pintu? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Kelebihan dan kekurangan kulkas 2 pintu ataupun 1 pintu. (Foto: Ilustrasi/Freepik)
A A A
JAKARTA - Kulkas atau lemari es merupakan salah satu perabot elektronik rumah tangga yang paling penting. Fungsinya yang dapat menyimpan bahan makanan dan minuman agar tahan lama dan tidak cepat rusak, membuat barang ini wajib ada di sudut dapur rumah tangga modern.

Memilih kulkas yang tepat terkadang menjadi hal yang cukup sukar dilakukan. Mengingat saat ini, terdapat beragam jenis kulkas dengan fitur-fitur canggih yang dapat mendukung semua kebutuhan pemiliknya, sehingga dapat berfungsi secara efektifd an efisien.

Namun begitu, beragam tipe dan model kulkas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan rumah tangga kamu. Mulai dari ukuran, fitur, desain, warna hingga tipe. Selain itu, terdapat juga pilihan kulkas 2 pintu ataupun 1 pintu, keduanya tentu memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda.

Artikel ini akan membahas ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan kulkas 2 pintu ataupun 1 pintu, sehingga dapat membantu kamu menentukan pilihan kulkas yang tepat. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kulkas 1 Pintu
Sesuai namanya, kulkas 1 pintu merupakan jenis kulkas yang hanya memiliki satu pintu besar di bagian depan. Pintu ini tentunya berfungsi untuk mengakses seluruh bagian dalam kulkas.

Kapasitas kulkas 1 pintu biasanya berkisar mulai dari 50 sampai 250 liter. Tak heran, kulkas ini terbilang lebih compact dan cocok untuk ruang dapur yang cenderung lebih kecil atau ruangan dengan luasan yang terbatas.

Sifatnya yang tergolong praktis membuat kulkas 1 pintu cukup populer di kalangan keluarga Indonesia. Kulkas ini memiliki bagian pendingin dan pembeku (freezer) yang yang hanya dibatasi oleh sekat-sekat pemisah.

Kelebihan Kulkas 1 Pintu

1. Hemat Listrik
Umumnya, kulkas 1 pintu hanya menggunakan daya listrik kecil, bahkan hanya 30 hingga 40 persen saja bila dibandingkan dengan kulkas 2 pintu. Hal ini dapat terjadi karena kompresor yang digunakan juga tidak terlalu besar. Dengan membeli kulkas 1 pintu, kamu dapat cukup menghemat tagihan listrik.

2. Harga Lebih Murah
Kulkas 1 pintu cenderung lebih terjangkau daripada kulkas 2 pintu, sehingga cocok jikalau kamu memiliki anggaran terbatas. Misalnya saja, harga kulkas 1 pintu Sharp yang hanya dibanderol Rp1,5 - Rp1,8 jutaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)