5 Tips Kemas Barang dalam Koper untuk Mudik, Bisa Muat Baju Banyak

Rabu, 27 Maret 2024 - 05:50 WIB
loading...
5 Tips Kemas Barang dalam Koper untuk Mudik, Bisa Muat Baju Banyak
Mengemas pakaian seluruh anggota keluarga di dalam koper bukan hal yang mudah. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Lebaran sudah dalam hitungan hari. Sejumlah masyarakat di Indonesia mulai bersiap untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik yakni pakaian yang akan dibawa.

Mengemas pakaian seluruh anggota keluarga di dalam koper bukan hal yang mudah. Terkadang, salah melipat pakaian saja sangat mempengaruhi jumlah baju yang bisa masuk ke dalam koper.

Nah, agar bisa membawa banyak pakaian untuk mudik, berikut ini 5 tips mengemas barang dalam koper supaya bisa bawa banyak item.


1. Pilih Koper yang Dapat Diperluas

Koper berbahan fiber sedang trend saat ini. Namun, jika Anda harus membawa banyak barang, alangkah baik mempertimbangkan koper berbahan kain yang bisa diperluas.

Mungkin sedang populer saat ini, tetapi jika Anda adalah tipe orang yang suka membawa semuanya, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya kembali. Audrey Kohout, CEO Luggage Forward, mengatakan di situs Shondaland, "Anda sebenarnya dapat memasukkan lebih banyak barang ke dalam koper kain, karena tas ini menawarkan fleksibilitas ekstra untuk berbagai ukuran dan bentuk barang."

“Kelebihan lainnya adalah, tas ini jauh lebih tahan lama dibandingkan tas dengan cangkang keras yang cenderung lebih mudah retak dan pecah," lanjutnya, dikutip Rabu (27/3/2024).

2. Simpan Barang dalam Barang Lainnya

“Anda ingin memastikan tidak ada ruang yang terbuang saat membawa barang bawaan. Jadi pikirkan apa yang sudah Anda masukkan,” saran Kohout.

Misalnya, Anda bisa memasukkan semua kaus kaki ke dalam dompet atau memasukkan kaus yang digulung ke dalam setiap sepatu.

Penyelenggara Profesional Wendy Trunz dari Jane's Addiction Organization suka mengemas barang-barang kecil seperti perhiasan ke dalam kantong plastik dan juga memasukkannya ke dalam sepatu.

3. Kemas dengan Cara Digulung dan Dilipat

Sebelum memasukkan baju ke dalam koper, Kohout menyarankan untuk menggunakan metode gulung dan lipat baju.

“Ini lebih merupakan kombinasi gulung dan lipat berdasarkan bahan dari barang yang Anda bawa. Jeans, celana, dan pakaian apa pun yang kaku tetap harus dilipat rata seperti biasanya, tetapi semua kemeja, pakaian atletik, dan bahan yang lebih lembut harus digulung sekencang mungkin," katanya.

Sementara untuk piyama, pakaian olahraga, atau satu set pakaian bisa dengan menggulung dan mengikatnya dengan karet.


4. Gunakan Kotak-Kotak Pengemasan

Dengan memecah koper menjadi beberapa kompartemen yang lebih kecil, Anda dapat melipat pakaian dengan rapat sehingga muat lebih banyak.

“Mengemas barang dalam kotak kecil juga membantu mengatur barang-barang Anda sehingga Anda tahu persis di mana semuanya berada. Anda dapat mengurutkan berdasarkan jenis pakaian atau bahkan berdasarkan hari perjalanan Anda untuk memisahkan pakaian," kata Kohout.

Jika tidak memiliki kotak untuk mengemas barang, bisa gunakan kantong plastik yang ada di rumah.

5. Kemas Sepatu dalam Tas Terpisah

Kemas sepatu dalam tas terpisah bisa membuat koper menampung lebih banyak pakaian. Pada dasarnya di mana pun sepatu tersebut paling pas, yang akan lebih mudah jika tidak dikemas secara berpasangan lalu dimasukkan ke tempat lain.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)