Mengenalkan 5 Jenis Emosi pada Anak melalui Tayangan Edutainment

Rabu, 27 Maret 2024 - 02:20 WIB
loading...
Mengenalkan 5 Jenis Emosi pada Anak melalui Tayangan Edutainment
Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu mengelola emosi agar mereka mampu membangun keterampilan sosial-emosional. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu mengelola emosi agar mereka mampu membangun keterampilan sosial-emosional. Anak yang sadar dengan emosinya, akan mudah bagi dia untuk memecahkan masalah dan menenangkan diri. Karena itu, penting bagi orang tua memperkenalkan emosi pada anak sejak dini.

Cara mengenalkan emosi pada anak yang bisa dilakukan dengan cara menyenangkan yakni dengan memanfaatkan waktu bermain mereka.

Sebuah penelitian dari Sociology of Development menunjukkan, anak yang memahami emosi cenderung tidak bertindak dengan menggunakan amarah, agresif, dan pembangkangan untuk mengekspresikan diri. Belajar mengenalkan emosi pada anak ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya lewat tayangan edutainment (education & entertainment) seperti yang ditayangkan di kanal YouTube DOMIKADO.

Berikut 5 emosi yang bisa diajarkan kepada anak.

1. Emosi Senang

Senang atau bahagia adalah emosi yang paling dicari oleh semua orang. Emosi ini muncul saat kita bisa makan makanan favorit, atau disebabkan kita mendapatkan hadiah, liburan bersama keluarga, maupun ketika apa yang kita harapkan bisa terwujud.

Pada tayangan special episode DOMIKADO anak-anak diajak ikut menebak kondisi emosi yang sedang dirasakan Cricket.

2. Emosi Terkejut

Emosi terkejut meliputi takjub atau terpana, juga perasaan atas sesuatu yang tiba-tiba atau tidak terduga sama sekali sebelumnya. Beo dalam tayangan DOMIKADO mengajak anak-anak untuk bisa menebak dan mengenali emosi yang sedang dia ceritakan.

3. Emosi Sedih

Emosi sedih muncul di saat perasaan kita tidak beruntung, merasa kehilangan, dan rasa ketidakmampuan atas apa yang kita harapkan. Emosi sedih juga dapat digambarkan dengan perasaan bingung, kecewa, patah hati, terharu, kecil hati, putus asa, bersedih hati, tidak berdaya, dan sejenisnya.

Kondisinya sama dengan Astrobek, yang bercerita kalau dia sedang melakukan eksperimen di dalam lab. favoritnya, tapi merasa gagal.

4. Emosi Marah

Emosi marah termasuk respons alami yang dirasakan oleh setiap orang, termasuk anak-anak, dalam kehidupan sehari-hari. Ketika marah, tubuh kita mengalami perubahan fisik dan emosi yang dapat mempengaruhi perilaku serta interaksi ke teman di sekeliling anak.

Penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak mengelola dan mengekspresikan emosi marah ini dengan cara yang sehat dan bijaksana.

Beo mengajak kita cara meredam emosi marah yang sedang dirasakan dengan cara tarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya.

5. Emosi Takut

Emosi takut diakibatkan oleh kegelisahan berlebihan yang terjadi dalam pikiran. Rasa takut itu muncul karena berbagai sebab. Ada yang karena kegelapan, atau hal yang menyeramkan, ketinggian, atau juga ketika kita dalam bahaya.

Seperti yang dirasakan Cis Cis saat sendirian di malam hari dengan kondisi listrik mati.

Sebagai informasi, DOMIKADO sebagai serial edutainment yang tayang secara gratis di kanal YouTube, hadir dengan konsep Puppet Show yang menggabungkan teknik produksi kreatif supaya anak-anak di Indonesia bisa belajar dengan cara yang menyenangkan dan seru. Setiap episodenya banyak sekali pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah-sekolah TK dan SD di Indonesia.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)