3 Cara Jaga Kesehatan Mulut saat Berpuasa

Rabu, 27 Maret 2024 - 09:41 WIB
loading...
3 Cara Jaga Kesehatan Mulut saat Berpuasa
Menjaga kesehatan mulut penting dilakukan, khususnya saat berpuasa. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
SURABAYA - Menjaga kesehatan mulut penting dilakukan, khususnya saat berpuasa. Mulut manusia mengandung banyak bakteri dan jamur. Tanpa disadari, selama makan manusia memberikan nutrisi yang dibutuhkan bakteri dan jamur tersebut.

Hal ini bisa lebih buruk lagi ketika terdapat gigi berlubang.

“Di dalam mulut terdapat banyak sekali mikroorganisme, bahkan dalam mulut yang sehat sekali pun. Apalagi kalau mulut yang tidak sehat seperti gigi berlubang,” kata Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (Unair) Dr Desiana Radithia drg SpPM Subsp inf(K).

Saat berpuasa, manusia akan membunuh mikroorganisme yang berada di mulut. Selama berpuasa, durasi jeda makan manusia akan meningkat. Mikroorganisme akan kehilangan nutrisi yang mereka butuhkan dan kemudian mati. Selama berpuasa produksi air liur juga akan menurun sehingga kondisinya menjadi asam.



“Dengan berpuasa jeda makan akan semakin lama. Jadi mikroorganisme akan kehilangan asupan makanan yang continue, jumlah mereka akan menurun karena mati,” tuturnya.

Namun, produksi air liur yang berkurang juga memiliki dampak negatif. Desiana menerangkan, berkurangnya air liur bisa menyebabkan mulut kering, bibir pecah-pecah, serta bau yang tidak sedap.

“Air liur itu seperti pedang bermata dua, dapat menguntungkan dapat merugikan,” ujarnya.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Menurut Desiana, ketika berpuasa ataupun tidak, sebenarnya tak ada perbedaan yang signifikan dalam menjaga kesehatan. Hanya, pada bulan Ramadan memerlukan concern lebih.

Ada tiga cara menjaga kesehatan gigi dan mulut di bulan Ramadhan. Pertama, menyikat gigi 2 kali sehari pada saat berbuka dan sahur. Teknik menyikat gigi dengan benar merupakan hal yang wajib.

Menyikat dengan cara memutar sikat pada gigi geraham dan gerakan vertikal pada gigi seri berguna untuk membersihkan gusi. Lalu saat membersihkan lidah, gunakan bagian belakang sikat gigi. Hal ini berguna agar lidah tidak menjadi sarang bakteri.

Kedua dengan kumur-kumur. Berkumur ini efektif untuk menyapu kulit mati pada mulut sehingga bakteri tidak menumpuk di sana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3854 seconds (0.1#10.140)