Ini Titik Puncak Lelah Pemudik dari Sumatera di Jalur Mudik Jawa Barat

Rabu, 27 Maret 2024 - 10:01 WIB
loading...
Ini Titik Puncak Lelah Pemudik dari Sumatera di Jalur Mudik Jawa Barat
Ditlantas Polda Jabar memetakan titik-titik rawan perlambatan, kepadatan arus, dan kecelakaan selama arus mudik dan balik lebaran di Jawa Barat. Foto/Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar memetakan titik-titik rawan perlambatan, kepadatan arus, dan kecelakaan selama arus mudik dan balik lebaran di Jawa Barat. Jalan pantura Subang dan Tol Cipali merupakan titik puncak lelah pemudik dari Sumatera.

Pemetaan ini berdasarkan hasil survei dan pengalaman Polda Jabar selama melaksanakan pengamanan arus mudik dan balik setiap tahun.

”Jalur mudik di Jawa Barat, terutama pantura Subang dan Tol Cipali merupakan titik puncak lelah para pemudik dari Sumatera. Karena itu, titik ini rawat perlambatan dan kepadatan, bahkan kecelakaan,” kata Direktur Ditlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo, Rabu (27/3/2024).



Untuk mencegah kepadatan dan kecelakaan, petugas yang diterjunkan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2024, melaksanakan cara bertindak preemtif, preventif, dan penegakan hukum (gakkum).

”Preventif yang kami lakukan salah satunya melakukan deteksi dini kerawanan, survei jalur, sosialisasi, dan membuat manajemen rekayasa lalu lintas,” ujarnya.



Kemudian, preventif melakukan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli; mengecek kondisi kendaraan dan pengemudi (ramp check), mendirikan pospam, posyan, dan pos terpadu.

”Kami juga bakal melaksanakan penegakan hukum baik pidana maupun pelanggaran lalu lintas. Apabila dibutuhkan kami melakukan teguran, tilang ETLE dan manual,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0639 seconds (0.1#10.140)