Kolombia Ancam Putus Hubungan dengan Israel jika Gencatan Senjata Tak Dilaksanakan

Rabu, 27 Maret 2024 - 11:30 WIB
loading...
Kolombia Ancam Putus Hubungan dengan Israel jika Gencatan Senjata Tak Dilaksanakan
Presiden Kolombia Gustavo Petro. Foto/REUTERS
A A A
BOGOTA - Presiden Kolombia Gustavo Petro memperingatkan akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel jika rezim kolonial tersebut tidak mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB baru-baru ini, yang menuntut gencatan senjata di Gaza.

“Jika Israel tidak mematuhi resolusi gencatan senjata PBB, kami akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel,” tulis Petro di akun X-nya, dilansir Anadolu pada Selasa (26/3/2024).

Respons Israel terhadap pernyataan Presiden Kolombia tersebut tidak butuh waktu lama. Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menjawab di X bahwa “dukungan” Petro terhadap Hamas adalah “aib bagi rakyat Kolombia.”

“Dukungan Presiden Kolombia terhadap Hamas yang membantai dan melakukan kejahatan seksual yang mengerikan terhadap bayi, perempuan dan orang dewasa merupakan aib bagi rakyat Kolombia,” ujar Kats.

Kats melanjutkan, “Israel akan terus melindungi warganya dan tidak akan menyerah pada tekanan dan ancaman apa pun.”

Petro telah menyampaikan undangan global pada Senin untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel jika resolusi PBB tidak dipatuhi.

“Saya mengajak negara-negara di dunia untuk memutuskan hubungan diplomatik jika Israel melanggar gencatan senjata,” tegas Presiden Kolombia.



Dewan Keamanan PBB, pada Senin, mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza selama bulan puasa Ramadan.

Mereka juga menuntut agar Hamas membebaskan tawanan mereka yang ditangkap pada tanggal 7 Oktober ketika Hamas memimpin serangan terhadap Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)