5 Film Horor Indonesia yang Dianggap Menyesatkan, Salah Satunya Kiblat

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:45 WIB
loading...
5 Film Horor Indonesia yang Dianggap Menyesatkan, Salah Satunya Kiblat
Tidak semua film horor Indonesia mendapat sambutan hangat. Beberapa di antaranya justru memicu kritik dan dianggap menyesatkan. Foto/Tangkapan Layar YouTube
A A A
JAKARTA - Tidak semua film horor Indonesia mendapat sambutan hangat. Beberapa di antaranya justru memicu kritik dan dianggap menyesatkan.

Film horor merupakan genre yang selalu memiliki daya tarik tersendiri. Industri film horor Indonesia telah melahirkan banyak karya yang sukses memberikan kesan bagi penonton.

Jadi, siapa yang tak kenal film horor? Setiap kali masuk ke bioskop, film horor yang ditayangkan menciptakan perasaan yang menegangkan bagi para penonton. Film ini bisa membuat kita merinding, menahan napas, atau bahkan berteriak histeris di bioskop.



Film horor mampu menciptakan perasaan ketegangan yang sulit untuk dilupakan. Dengan plot unik serta adegan yang mencekam, film dengan genre tersebut selalu berhasil mengusik perasaan penonton dan menghadirkan sensasi yang berbeda dari genre lain.

Namun, di balik hiburan yang ditawarkannya, ada film-film horor Indonesia yang mendapat sorotan negatif. Beberapa di antaranya bahkan harus berhadapan dengan boikot dari pemerintah. Film apa saja itu? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

5 Film Horor Indonesia yang Dianggap Menyesatkan

1. Kiblat (2024)

5 Film Horor Indonesia yang Dianggap Menyesatkan, Salah Satunya Kiblat

YouTube

Film horor Kiblat yang diproduksi oleh Leo Pictures menuai perhatian dan terancam diboikot karena mencampurkan unsur horor dengan tema-tema Islam. Film horor ini sering kali menampilkan gambaran yang tidak akurat tentang Islam sehingga dianggap menyesatkan bagi para penonton karena akan merasakan kesalahpahaman terutama bagi penonton yang belum paham betul tentang agama Islam.

Film ini juga dianggap menggambarkan aktivitas eksploitasi simbol Islam. Penggunaan ayat Al-Quran dan ritual keagamaan dalam film horor dapat dianggap sebagai bentuk eksploitasi. Hal ini bisa menyebabkan rasa tidak hormat dan menodai kesucian agama.

Penayangan film horor Kiblat pada akhirnya dapat memperkuat stereotip negatif tentang Islam yang digambarkan dalam adegan-adegan film seperti kekerasan, takhayul, dan ilmu hitam. Yang dikhawatirkan film ini dibuat semata-mata untuk mencari sensasi dan keuntungan komersial, tanpa memperhatikan dampak negatifnya terhadap umat Islam.

2. Makmum 2 (2022)

5 Film Horor Indonesia yang Dianggap Menyesatkan, Salah Satunya Kiblat

YouTube

Film Makmum 2 yang menjadi pembuka larisnya film horor pada awal 2022 di Indonesia disebut-sebut menjadi salah satu film yang menyeramkan bagi penonton. Makmum 2 berhasil menghadirkan sensasi merinding dan bahkan membuat penonton teriak ketakutan di dalam bioskop.

Akan tetapi, film yang dibintangi Titi Kamal ini dianggap menyesatkan karena menampilkan adegan salat yang ditambah dengan bumbu-bumbu teror yang menyeramkan sehingga membuat penonton terbayang-bayang. Cerita tentang setan yang mengganggu saat salat dalam film ini bisa membuat banyak muslim merasa takut ketika sedang melakukan ibadah. Hal ini dapat mengganggu keyakinan dan konsentrasi dalam beribadah.

3. Tasbih Kosong (2023)

5 Film Horor Indonesia yang Dianggap Menyesatkan, Salah Satunya Kiblat

YouTube
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)