Timnas Indonesia Dipenuhi Naturalisasi, Shin Tae-yong Titip Pesan untuk Pemain Lokal Indonesia

Kamis, 28 Maret 2024 - 06:08 WIB
loading...
Timnas Indonesia Dipenuhi Naturalisasi, Shin Tae-yong Titip Pesan untuk Pemain Lokal Indonesia
Shin Tae-yong blak-blakan soal kehadiran pemain naturalisasi. Pelatih Timnas Indonesia itu mengakui bahwa hadirnya Justin Hubner dkk membuat Skuad Garuda semakin kuat / Foto: PSSI
A A A
Shin Tae-yong blak-blakan soal kehadiran pemain naturalisasi . Pelatih Timnas Indonesia itu mengakui bahwa hadirnya Justin Hubner dkk membuat Skuad Garuda semakin kuat.

Pengakuan jujur itu rasanya tak berlebihan jika melihat pertandingan terakhir Timnas Indonesia saat bertamu ke markas Vietnam di Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024). Pada laga lanjutan fase Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Skuad Garuda berhasil menjinakkan tuan rumah dengan skor telak 3-0.

Ini merupakan kemenangan kedua secara beruntun yang dicetak Timnas Indonesia atas Vietnam. Hasil positif ini membuka peluang Skuad Garuda lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah menempati posisi kedua di Grup F dengan nilai tujuh poin.



Shin mengakui peran pemain naturalisasi yang mampu meningkatkan kualitas permainan timnas. Dia menyebut kehadiran wajah-wajah baru di Skuad Garuda, yakni Jay Idzes, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen memberikan warna baru dan juga menambahkan kekuatan Skuad Garuda.

Karena sebelumnya sudah ada beberapa pemain naturalisasi yang lebih dulu memperkuat Timnas Indonesia. "Dengan adanya pemain naturalisasi menjadikan semakin kuat skuad kita," ujar Shin.

Apalagi, setelah laga pertama melawan Vietnam, ternyata terdapat 10 pemain yang dalam kondisi sakit. Sehingga pastinya kondisi itu akan sangat mengganggu persiapan tim besutannya. Namun dia bersyukur dengan adanya para pemain keturunan, apalagi yang baru bergabung, membuatnya semakin leluasa untuk menentukan skuad terbaiknya.



"Setelah selesai pertandingan Indonesia melawan Vietnam, memang ada 10 pemain yang sakit juga, jadi saya menduga pertandingan kedua ini akan sulit," ungkapnya.

Lebih lanjut, Shin optimistis keberadaan pemain naturalisasi tak hanya mampu meningkatkan kualitas Timnas Indonesia, melainkan juga memacu para pemain lokal untuk tampil lebih baik. Menurutnya, persaingan yang sehat akan memberikan manfaat besar dalam menciptakan skuad yang lebih tangguh.

"Dengan kondisi-kondisi yang seperti ini pemain lokal juga harus bisa lebih berjuang untuk menjadi lebih baik lagi dan dengan begini timnas Indonesia akan semakin maju pastinya," imbuh Shin.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6461 seconds (0.1#10.140)