5 Tips Mudik Sehat untuk Penderita Asam Urat, Penting Hindari Makanan Tinggi Purin

Sabtu, 30 Maret 2024 - 14:00 WIB
loading...
5 Tips Mudik Sehat untuk Penderita Asam Urat, Penting Hindari Makanan Tinggi Purin
Mudik bisa menjadi tantangan bagi penderita asam urat karena perjalanan yang panjang dan kondisi yang kurang nyaman. Hal ini bisa memicu kekambuhan asam urat. Foto/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Mudik bisa menjadi tantangan bagi penderita asam urat karena perjalanan yang panjang dan kondisi yang kurang nyaman. Hal ini bisa memicu flare-up atau kekambuhan asam urat.

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang umum dan kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini ditandai dengan serangan nyeri hebat, bengkak, kemerahan, dan nyeri tekan yang tiba-tiba dan parah pada satu sendi atau lebih, paling sering pada jempol kaki.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, seringkali membuat Anda terbangun di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terkena biasanya terasa panas, bengkak, dan sangat nyeri sehingga beban sprei di atasnya pun terasa tidak tertahankan.

Tips Mudik Sehat untuk Penderita Asam Urat



Berikut tips mudik sehat untuk penderita asam urat dilansir dari Optima Foot and Ankle, Sabtu (30/3/2024).



5 Tips Mudik Sehat untuk Penderita Asam Urat, Penting Hindari Makanan Tinggi Purin

Foto/Infografis SINDOnews

1. Tetap Terhidrasi


Tips pertama adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Bila Anda tengah berpuasa, pastikan asupan cairan terpenuhi dengan baik agar menjaga hidrasi tubuh.

Ginjal membutuhkan air untuk menyaring asam urat dalam tubuh Anda. Tanpa hidrasi yang cukup, kadar asam urat akan naik, sehingga memungkinkan terbentuknya kristal, yang merupakan cikal bakal serangan asam urat.

2. Mengurangi Alkohol


Pastikan Anda mengurangi alkohol saat hendak mudik. Tak meminum alkohol dapat mengurangi risiko kambuhnya asam urat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5732 seconds (0.1#10.140)