6 Langkah untuk Pastikan Skincare Anda Aman Digunakan

Selasa, 02 April 2024 - 03:14 WIB
loading...
6 Langkah untuk Pastikan Skincare Anda Aman Digunakan
Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, Anda tentu harus jeli dan bijak dalam memilih produk yang baik dan cocok untuk kulit. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Produk perawatan kulit atau skincare merupakan salah satu kebutuhan yang kini menjadi bagian dari gaya hidup. Seiring perkembangan zaman, berbagai jenis skincare lokal juga semakin berkembang, inovatif, dan bervariasi untuk mengatasi berbagai masalah kulit, khususnya wajah.

Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, Anda tentu harus jeli dan bijak dalam memilih produk yang baik dan cocok untuk kulit. Yang wajib diperhatikan adalah bahan dan kandungannya yang sudah dilengkapi sertifikasi halal serta miliki izin BPOM, juga manfaat skincare tersebut bagi kulit.

Atas dasar itulah, MS GLOW sebagai brand skincare lokal mengusung kampanye #AmanTerpercaya sejak awal 2024 dan kian dikuatkan pada momentum Ramadan kali ini. Hal itu juga berangkat dari kepedulian MS GLOW atas derasnya arus informasi di zaman sekarang, sehingga kemungkinan bisa membuat masyarakat bingung dan bimbang.

Menurut Founder MS GLOW Shandy Purnamasari, tidak hanya halal dan bersertifikasi BPOM, seluruh produk MS GLOW dibuat dengan bahan yang berkualitas. Selain itu, sebelum dipasarkan ke konsumen, produk juga telah melalui beberapa proses verifikasi dan sertifikasi pengujian keamanan produk kosmetik yang meliputi uji klinis, uji keamanan, serta uji efektivitas produk yang ketat untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Setelah itu setiap produk dikemas dengan proses yang higienis.

"Menjaga kepercayaan pelanggan dan masyarakat adalah hal utama yang wajib kami jaga dan kerap penuh tantangan. Sejak 2018, MS GLOW menjunjung tinggi keamanan produk sehingga selalu mengimbau pelanggan untuk terus waspada dan berhati-hati ketika membeli produk," kata Shandy Purnamasari.

Kehati-hatian menjadi semakin perlu terutama dalam momentum bulan suci Ramadan dan jelang Idul Fitri, di mana tampil cantik dan sehat akan menjadi hal yang kian melengkapi penampilan di hari kemenangan. Apabila masyarakat ragu dan bimbang dalam menentukan produk yang tepat, berkonsultasi dengan dokter adalah cara yang bijak.

Ahli Kulit dan Kecantikan dr. Naila Bilfaqih, Dipl. AAAM mengungkapkan, hal terpenting dalam memilih skincare adalah pastikan kita paham terhadap 2 hal, yakni jenis kulit serta kandungan di dalam produk yang akan digunakan. Terutama di bulan Ramadan saat umat muslim lebih mendalami agama, sikap tabayyun atau melakukan cek dan ricek juga baiknya dilakukan saat memilih skincare.

"Tidak perlu terburu-buru apalagi termakan informasi yang simpang siur atau memilih produk skincare hanya karena ikut-ikutan. Jangan sampai saat mudik nanti malah terkena dampak buruk akibat menggunakan produk yang tidak terjamin, seperti iritasi, alergi, peradangan hingga merusak lapisan kulit secara permanen dan meningkatkan risiko penyakit mematikan misalnya autoimun dan kanker. Apabila ragu, sebaiknya konsultasikanlah kebutuhan skincare kepada ahlinya," beber dr. Naila.

Skincare yang patut diwaspadai adalah yang mengandung bahan berbahaya seperti bakteri, virus hingga jamur, karena proses pembuatannya yang asal-asalan. Berikut beberapa langkah untuk memastikan skincare yang #AmanTerpercaya.

1. Melakukan Survei Harga

Harga produk yang terlalu rendah adalah salah satu ciri khas skincare palsu. Biasakan untuk mengecek harga produk standar di toko resmi sebelum membeli skincare. Untuk MS GLOW, harga produk yang dijual di akun marketplace official, biasanya memiliki kisaran yang sama dengan harga reseller.

2. Mengecek Barcode

Beberapa produsen produk perawatan kulit saat ini sudah lazim menempatkan barcode dan kode unik yang dapat dipindai. Jika produknya asli, situs resmi brand akan menampilkan informasi lengkap terkait produk.

3. Teliti Kemasan, Tanggal Kadaluarsa, dan Label Produk

Produk asli biasanya memiliki kemasan rapi dan kokoh, terutama produk premium. Mengetahui detail kemasan dari produk skincare yang Anda gunakan penting untuk meningkatkan kewaspadaan. Lakukan cross check melalui foto yang ada di media sosial resmi. Jika terlihat ringkih, dengan kesalahan eja dan sticker yang ditempel asal, bisa jadi produk palsu.

Produk palsu biasanya tidak memiliki keterangan kadaluarsa dan informasi tentang komposisi produk. Tanggal kadaluarsa ditentukan melalui serangkaian tes dan uji coba untuk mengukur keamanan dan ditetapkan saat pengembangan produk. Walau terlihat sederhana, tanggal kadaluarga menunjukkan kalau produsen serius dalam memahami kondisi mikrobiologi, kimia, juga kualitas bahan baku serta proses produksi suatu produk.

4. Mengecek Nomor BPOM

Saat akhirnya produk skincare diterima, cobalah untuk mengecek nomor BPOM yang tertera di bagian belakang atau bawah kemasan. Biasanya, nomor BPOM terdiri dari dua huruf dan diikuti 11 angka. Masukkan nomor tersebut ke situs resmi BPOM dan pastikan produk terdaftar dengan benar.

Sebaiknya hindari produk yang tidak terdaftar di BPOM karena kandungan bahan dan dosisnya tidak terjamin aman, seperti merkuri dan hydroquinone berlebih yang berbahaya bagi kesehatan. Skincare yang memiliki bahan aktif dan telah teruji resmi oleh BPOM terjamin kualitas bahan, pembuatan, serta keamanannya. Seperti MS GLOW Whitening Lifting Serum yang menjadi salah satu best seller di tahun 2024.

5. Perhatikan Isi Produk

Saat dibuka, produk skincare yang baik biasanya memiliki tekstur yang homogen, tidak menggumpal, lembut, mudah diserap kulit, dan memiliki aroma lembut. Warna produk juga tampak rata. Berbeda dengan produk palsu yang biasanya terlihat pecah-pecah dan tidak alami (terlalu cerah atau pucat).

6. Lakukan Tes Reaksi Efek Produk

Sebelum mengaplikasikan skincare, disarankan untuk melakukan tes di belakang telinga guna memeriksa reaksi tubuh terhadap produk. Produk skincare palsu biasanya membuat kulit terasa panas, gatal, nyeri, hingga iritasi dan mengelupas. Efek samping akibat skincare palsu harus segera ditangani oleh dokter kulit. Sementara itu, produk asli yang berkualitas umumnya sudah lolos uji klinis sehingga aman digunakan.

"Hingga saat ini kami hanya memperjualbelikan seluruh produk melalui seller resmi yang terdaftar dan tersebar di berbagai kota di Indonesia, selaras dengan upaya kami memberikan skincare yang #AmanTerpercaya. Secara berkala, kami juga melakukan riset, pengembangan, dan pantauan pasar agar MS GLOW bisa inovatif serta menjawab kebutuhan perawatan dan perlindungan kulit,” pungkas Shandy Purnamasari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)