alexametrics

Mengenal Gejala Serangan Jantung pada Wanita

loading...
Mengenal Gejala Serangan Jantung pada Wanita
Pria dan wanita memiliki gejala serangan jantung yang berbeda. Perempuan lebih mungkin mengalami tanda-tanda yang kurang dikenal. Foto/Ilustrasi/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Serangan jantung atau yang secara medis dikenal sebagai infark miokard terjadi ketika aliran darah ke jantung berkurang atau terhambat. Jika aliran darah tidak segera dikembalikan, maka jaringan jantung yang terkena akan mati.

Beberapa pasien mengalami nyeri dada ketika terjadi serangan jantung, namun pasien lainnya sama sekali tidak mengalami gejala apapun. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda peringatan serangan jantung sehingga penyakit ini dapat ditangani secara dini.

Pada dasarnya, pria dan wanita memiliki gejala serangan jantung yang berbeda. Berdasarkan keterangan pers yang diterima SINDOnews, meski pria dan wanita sama-sama dapat mengalami nyeri dada atau rasa tertekan pada dada ketika mengalami serangan jantung, namun perempuan lebih mungkin mengalami tanda-tanda yang kurang dikenal.

Tanda-tanda tersebut, antara lain mual, muntah, gangguan pencernaan, nyeri bahu, napas pendek atau hanya lelah mendadak dan ekstrem tanpa tidak mengalami nyeri dada. Sayang, dokter dengan mudah menghubungkan gejala tersebut dengan penyakit lain.

Jika gejala tidak dikenali, perbedaan ini dapat membahayakan wanita dengan serangan jantung. Mengingat gejala serangan jantung pada wanita berbeda, maka penting untuk segera mengunjungi dokter.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak