alexametrics

Festival Pesona Lokal Jakarta Memotret Keberagaman Budaya Betawi

loading...
Festival Pesona Lokal Jakarta Memotret Keberagaman Budaya Betawi
Festival Pesona Lokal Jadi Agenda Tahunan Angkat Budaya Indonesia
A+ A-
JAKARTA - Sahabat, pagi itu, jam menunjukkan pukul 06.00 WIB. Area parkir selatan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, dipadati ribuan pengunjung. Sebagian pengunjung mengenakan pakaian adat Nasional. Ternyata, mereka yang memakai pakaian adat tersebut adalah peserta parade karnaval budaya.

Pakaian adat mereka bermacam-macam lho. Ada yang memakai kostum adat Betawi, Bengkulu, Dayak, Reog Ponorogo, Sisingaan, dan banyak lagi. Motif dan warna pakaian adat mereka pun bermacam-macam bak pelangi dengan dominasi kuning. Sedangkan yang tidak memakai kostum adat, mayoritas mengenakan kaus warna kuning.

Di bagian dalam kompleks stadion terbesar di Asia Tenggara tersebut, tampak barisan tenda putih tampak berjejer rapi. Di sisi lain, papan warna putih berukuran besar juga berdiri kokoh di antara tenda putih. Papan itu disiapkan untuk peserta lomba melukis mural. Sedangkan di area tengah, sebuah panggung besar dengan dominasi warna kuning siap dipakai untuk perform selebritas, Judika dan Via Vallen.

Sahabat, itulah potret keseruan suasana Festival Pesona Lokal Jakarta yang terekam di area parkir selatan GBK. Saking antusiasnya, para peserta Festival Pesona Lokal Jakarta sejak pagi hari sudah berdatangan untuk mengikuti karnaval budaya Indonesia. Oh ya, Sahabat, ada juga seniman yang mengikuti lomba melukis mural bertema Festival Pesona Lokal Jakarta. Tidak ketinggalan peserta yang mengikuti lomba kreasi masakan khas Nusantara dan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Festival Pesona Lokal Jakarta Memotret Keberagaman Budaya Betawi


Nah, karena namanya Festival Pesona Lokal Jakarta, mayoritas peserta tampil dengan pakaian adat Betawi. Ada yang memakai kostum ondel-ondel, penari topeng, abang dan none Jakarta hingga penari lenong. Tak ketinggalan kelompok kesenian gambang kromong sebagai musik khas Betawi juga unjuk gaya. Anak-anak, remaja, hingga aki-aki bergaya Betawi. Mereka ingin menunjukkan betapa beragamnya kekayaan budaya Betawi.

Sahabat, tahukah kamu, Festival Pesona Lokal Jakarta menjadi penutup rangkaian Festival Pesonal Lokal yang digelar di sembilan kota di Indonesia sejak September hingga November 2018. Festival Pesona Lokal yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata dan iNews sebelumnya menyambangi Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontianak, Malang, Medan, Palembang, dan Jakarta.

Festival Pesona Lokal hadir dalam rangka menyambut HUT ke-28 Adira Finance merupakan wujud kontribusi terbaik perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia itu kepada bangsa. Festival Pesona Lokal menjadi bagian corporate branding, Adira Finance untuk Indonesia, guna mempromosikan daerah yang memiliki potensi dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara dengan mendukung kearifan lokal.
Festival Pesona Lokal Jakarta Memotret Keberagaman Budaya Betawi


Suasana kemeriahan Festival Pesona Lokal Jakarta semakin terasa dengan kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengibarkan bendera start bagi peserta karnaval kostum budaya. Anies menyampaikan apresiasi tinggi atas pelaksanaan Festival Pesona Lokal Jakarta yang mempromosikan keberagaman budaya dan kearifan lokal Betawi.

Menurut Anies, Festival Pesona Lokal Jakarta menjadi momentum untuk menunjukkan akumulasi budaya melalui karya. Keberagaman budaya itu, lanjutnya, diwujudkan dalam aneka kostum karnaval yang megah, namun tetap menonjolkan sisi budaya Indonesia yang kuat.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengungkapkan kebanggaannya atas dukungan dan partisipasi semua pihak dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, komunitas budaya, dan semua warga Jakarta.

''Jakarta menjadi kota penutup Festival Pesona Lokal 2018 yang berlangsung sangat meriah. Festival Pesona Lokal menjadi sumbangsih penting kami dari Adira Finance untuk turut mempromosikan keberagaman budaya dan kearifan lokal Indonesia,''kata Hafid saat penutupan Festival Pesona Lokal 2018 di Jakarta, Minggu (11/11/2018).

Hafid melanjutkan bahwa dengan berakhirnya Festival Pesona Lokal Jakarta menjadi akhir penutup rangkaian perjalanan Festival Pesona Lokal 2018 yang berlangsung di sembilan kota sejak September lalu. Dia mengisyaratkan akan melanjutkan Festival Pesona Lokal yang merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata, iNews menjadi agenda tahunan untuk lebih mengenalkan keberagaman budaya dan kearifan lokal Indonesia.

Dia menambahkan, Festival Pesona Lokal hadir dalam rangka menyambut HUT ke-28 Adira Finance menjadi sarana menggali potensi wisata daerah yang berprospek mengembangkan perekonomian. ''Kami berharap melalui Festival Pesona Lokal, kami dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai potensi daerahnya. Kami juga mengajak masyarakat berperan aktif menjaga serta mempromosikan potensi wisata dan ekonomi daerah masing-masing,''tuturnya.

Festival Pesona Lokal Jakarta Memotret Keberagaman Budaya Betawi
halaman ke-1 dari 3
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak