5 Tips Agar Opor Ayam Tidak Mudah Basi dan Tahan Beberapa Hari

Kamis, 04 April 2024 - 20:30 WIB
loading...
5 Tips Agar Opor Ayam Tidak Mudah Basi dan Tahan Beberapa Hari
Opor ayam termasuk salah satu hidangan favorit di momen lebaran. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Opor ayam termasuk salah satu hidangan favorit di momen lebaran. Masakan bersantan ini kuahnya kerap dijadikan pengganti sayur godog pepaya oleh sebagian masyarakat.

Namun, membuat opor ayam ternyata gampang-gampang susah. Jika tidak diolah secara benar, makanan satu ini cenderung mudah basi.

Padahal, di momen lebaran nanti Anda tentu akan memasak opor ayam dalam porsi yang banyak agar bisa disantap dalam beberapa hari ke depan.



Lantas, apa tips yang perlu diperhatikan dalam memasak opor ayam agar tidak mudah basi? Berikut di antaranya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2024).

1. Tumis Bumbu Halus Sampai Matang

Saat menumis bumbu halus, pastikan aroma harumnya keluar dari bumbu yang benar-benar dalam keadaan matang karena bisa memengaruhi kualitas opor ayam. Begitu juga saat proses memasak daging ayam. Pastikan Anda merebusnya sampai airnya mendidih, supaya daging ayam empuk luar dalam.

2. Pilih Santan dari Kelapa Tua Segar

Sebelum memasak opor ayam, Anda harus membeli kelapa terlebih dulu. Sebaiknya pilih kelapa yang sudah tua tetapi masih segar, lalu Anda bisa memarutnya di rumah.

Kalau ingin praktis, bisa langsung membeli yang sudah diparut asalkan kelapa tersebut tua.

Untuk proses pemerasan santan, gunakan air panas atau setidaknya air hangat untuk dijadikan santan kental dan juga berguna untuk mengurangi berkembangnya bakteri pada santan. Gunakan air matang bila Anda ingin mengambil santan cairnya.

Sebenarnya ada banyak santan kemasan yang dijual di pasaran sehingga lebih praktis. Tapi untuk rasanya tetap akan berbeda dari santan yang diperas sendiri.


3. Masak hingga Matang

Pada saat memasak untuk pertama kali, Anda harus memastikan bahwa opor telah benar-benar matang. Jangan hanya karena sudah mendidih lalu mematikan kompor. Biarkan opor ayam mendidih dan airnya mulai berkurang untuk mencegah opor ayam mudah basi.

4. Simpan di Kulkas

Jika opor tidak cepat habis, sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan letakkan di tempat yang paling dingin yaitu freezer. Baru ketika Anda hendak menyantapnya kembali bisa dihangatkan.

Opor ayam kuah santan memang lebih sedap bila dinikmati dalam keadaan masih hangat. Proses penghangatan tersebut juga bertujuan agar opor tidak mudah basi.

Setelah dihangatkan jangan langsung diaduk, karena justru akan membuat opor cepat basi. Jadi sebaiknya tunggu sebentar barulah Anda bisa mengaduknya.

5. Perhatikan Cara Menghangatkan Opor Ayam

Jika opor ayam masih ada sisa, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk dihangatkan esok hari. Saat menghangatkan opor ayam, pastikan menggunakan api kecil agar kualitas kuah santan dan daging ayam bisa tetap terjaga dengan baik.

Tidak perlu diaduk berlebihan atau jangan diaduk sama sekali supaya opor ayam tetap segar. Setelah dihangatkan, biarkan panci dalam keadaan terbuka agar uap panasnya keluar dan mendingin sendiri di suhu ruangan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2607 seconds (0.1#10.140)