Kapolri Berpesan ke Pemudik Jaga Keselamatan Guna Cegah Kecelakaan

Kamis, 04 April 2024 - 20:29 WIB
loading...
Kapolri Berpesan ke Pemudik Jaga Keselamatan Guna Cegah Kecelakaan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kesiapan arus mudik Lebaran 2024 di Terminal Purabaya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kesiapan arus mudik Lebaran 2024 di Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/4/2024). Dalam tinjauannya, Sigit mengecek fasilitas yang ada di pos terpadu dan pos pelayanan.

Dari hasil pemeriksaan, sudah ada pemeriksaan tes urine dan pelayanan kesehatan bagi penumpang maupun sopir. "Ada juga ruang pelayanan apabila ada keluhan dari masyarakat yang mungkin ada gangguan terkait kriminalitas," kata Sigit.

Secara umum, kata Sigit, pengecekan ini menjadi penting lantaran wilayah Jawa Timur menjadi salah satu tujuan utama mudik. Ia juga berpesan agar pemudik untuk menjaga keselamatan berkendara, baik menggunakan pribadi maupun angkutan umum.



"Dari hasil evaluasi 2023 angka kecelakaan lebih tinggi dibanding wilayah lain, sehingga kita ingatkan untuk betul-betul menjaga keselamatan para pemudik baik menggunakan pribadi maupun angkutan," ujar Sigit.

Tak hanya pemudik, ia juga meminta para petugas dan jajarannya untuk memastikan keamanan dan keselamatan wilayah-wilayah yang rawan kecelakaan. "Diberikan sosialisasi, perhatikan rest area sehingga masyarakat yang capek bisa istirahat ataupun jangan buru-buru ingin cepat sampai menambah kecepatan dan akhirnya terjadi hal-hal yang tak diinginkan," ucap Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri ini juga berpesan agar dilakukan pengecekan ke para pengemudi yang membawa penumpang atau pemudik. Ia meminta pengemudi harus dalam keadaan sehat, prima dan tidak ada masalah yang terdampak pada saat mengemudikan kendaraannya.

"Ini mendekati hari H terus meningkat (pemudik). Kita minta seluruh petugas untuk terus memberikan pelayanan terbaik, sehingga layanan mudik 2024 bisa dilaksanakan dengan baik dan memberikan kenyamanan masyarakat khususnya melalui terminal di Jatim," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)