10 Tradisi Lebaran di Arab Saudi, Tukar Hadiah hingga Beli Perhiasan Baru

Jum'at, 05 April 2024 - 16:45 WIB
loading...
10 Tradisi Lebaran di Arab Saudi, Tukar Hadiah hingga Beli Perhiasan Baru
Tradisi Lebaran di Arab Saudi memiliki beberapa perbedaan dengan negara mayoritas penduduknya Muslim. Arab Saudi adalah negara yang kaya akan tradisi Islam. Foto/Getty Images
A A A
ARAB SAUDI - Tradisi Lebaran di Arab Saudi memiliki beberapa perbedaan dengan negara-negara lain yang mayoritas penduduknya Muslim. Arab Saudi adalah negara yang kaya akan tradisi Islam dan memiliki perbedaan budaya yang cukup signifikan dibandingkan dengan negara-negara Muslim lainnya.

Di Arab Saudi, Lebaran atau Idul Fitri disebut sebagai Eid al-Fitr. Beberapa tradisi Lebaran yang umum dilakukan di Arab Saudi selama Hari Raya ini seperti menggelar perayaan selama empat hari. Di mana mereka akan memulainya dengan salat Idul Fitri di masjid.

Seperti di negara-negara lain, makanan khas juga menjadi bagian dari perayaan Lebaran di Arab Saudi. Makanan khas Idul Fitri di sini termasuk hidangan-hidangan Timur Tengah, seperti daging kambing panggang, nasi mandi, kabsa, dan berbagai macam kue kering yang manis.

Tradisi Lebaran di Arab Saudi



Berikut tradisi Lebaran di Arab Saudi dilansir dari Saudi Times, Jumat (5/4/2024).



1. Perayaan selama Empat Hari


Warga Arab Saudi biasanya merayakan Lebaran selama empat hari. Di mana sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta diliburkan pada lima hari terakhir bulan Ramadan dan kemudian selama empat hari Idul Fitri.

2. Salat Idul Fitri


Kemeriahan Lebaran diawali dengan salat Idul Fitri sebanyak dua rakaat. Salat dimulai pagi-pagi setelah salat Subuh dan setiap orang yang datang untuk salat mengenakan pakaian terbaiknya.

3. Sarapan Bersama


Usai salat yang berakhir sekitar pukul 09.00, sebagian keluarga di Arab Saudi mempunyai tradisi sarapan pagi bersama kemudian tidur untuk bersiap menghadapi hari.

4. Perhiasan dan Baju Baru


Dalam persiapan menyambut Lebaran, warga Arab Saudi membeli baju dan perhiasan terbaik. Mereka juga mengunjungi penata rambut dan tukang cukur untuk memastikan penampilan terbaik mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)