Karier Militer Letjen TNI Albertus Budi Sulistya, Jenderal Bintang 3 Jebolan Sepa Milsuk ABRI 1989

Jum'at, 05 April 2024 - 16:19 WIB
loading...
Karier Militer Letjen TNI Albertus Budi Sulistya, Jenderal Bintang 3 Jebolan Sepa Milsuk ABRI 1989
Letjen TNI Albertus Budi Sulistya dimutasi menjadi Staf Khusus KSAD. FOTO/RSPAD GATOT SOEBROTO
A A A
JAKARTA - Karier militer Letjen TNI Albertus Budi Sulistya menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Baru-baru ini, namanya masuk daftar rotasi dan mutasi TNI di pengujung Maret 2024.

Albertus Budi Sulistya lahir di Gunungkidul, Yogyakarta, 10 Maret 1967. Mengacu tahun kelahirannya, ia kini sudah memasuki usia 57 tahun.

Setelah menuntaskan pendidikan umum di sejumlah universitas ternama Tanah Air, Albertus Budi memutuskan masuk ke militer. Sepanjang kariernya sampai sekarang, ia sudah banyak menyemat posisi strategis, khususnya di bidang kesehatan. Lebih jauh, berikut ini ulasan karier militernya yang bisa diketahui.


Karier Militer Letjen TNI Albertus Budi Sulistya

Albertus Budi Sulistya merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Pada ketentuan rotasi dan mutasi jabatan terbaru, ia beralih dari posisi Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto menjadi Staf Khusus (Stafsus) KSAD.

Albertus Budi berpangkat Letnan Jenderal atau setara bintang tiga. Termasuk golongan perwira tinggi, pangkat tersebut satu tingkat di atas Mayor Jenderal (bintang dua) dan setingkat di bawah Jenderal TNI (bintang 4).

Dalam riwayatnya, Albertus Budi diketahui sebagai jebolan Sepa Milsuk ABRI 1989. Mahir di bidang kesehatan (CKM), ia juga mengikuti beberapa pendidikan lanjutan lain, seperti Sussarcabkes (1992), Susselapa I Kes (1993) hingga Susselapa II Kes (1998).

Saat awal kariernya, Albertus Budi pernah bertugas menjadi Pama Spers Mabes ABRI (1989). Beberapa tahun berselang, ia beralih menjadi Pama Korem 072/Pamungkas (1991) dan Pama Kesdam Jaya (1993).



Seiring waktu, kariernya di militer terus naik secara perlahan. Namun, karena spesialisasinya di bidang CKM, tak heran apabila Albertus Budi banyak berkutat di sektor kesehatan.

Sekitar 2007, Albertus Budi menjabat posisi Kasi Diklitbang Departemen THT RSPAD Gatot Soebroto. Kurang dari dua tahun, ia beralih menjadi Kabag Yanmed Departemen THT RSPAD Gatot Soebroto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)