alexametrics

Bagaimana Mencegah Depresi?

loading...
Bagaimana Mencegah Depresi?
Bagaimana Mencegah Depresi?. (Istimewa).
A+ A-
JAKARTA - Selebritas ternama pun tidak luput dari permasalahan depresi. Sebut saja Lady Gaga yang mengaku menderita depresi dan kecemasan setiap harinya.

Ada pula aktris Hayden Panettiere yang mengaku mendapatkan pengobatan setelah melahirkan, diikuti aktris Sarah Silverman yang menceritakan perjuangannya melawan depresi pada sebuah majalah.

Tidak terkecuali, Drew Barrymore yang juga harus bergulat dengan sindrom baby blues seusai melahirkan anak kedua. Mereka yang mengalami depresi mengatakan timbul rasa putus asa yang mungkin tidak bisa dimengerti oleh mereka yang tidak mengalaminya langsung. Meski begitu, sudah seharusnya kita segera bertindak untuk menolong mereka yang terkena depresi.

Dr John Grohol, pendiri PsychCentral.com, mengatakan, Anda yang menemukan seseorang yang tengah dilanda depresi bisa mengatakan, “Saya ada untuk kamu.” Ada beberapa kiat yang bisa diterapkan untuk melawan depresi, di antaranya meyakinkan hati bahwa Anda bisa merawat dan mengasuh bayi Anda sendiri.

Perlu diingat, Anda tidak sendirian, ada suami, orang tua, atau anggota keluarga lain yang siap membantu. Jika Anda merasa tidak mampu mengendalikan diri lagi, Anda perlu berkonsultasi kepada psikiater atau psikolog. Apabila depresi yang Anda alami sudah sangat berat, psikiater biasanya akan menangani dengan memberikan obat antidepresan. Jangan ragu untuk mencurahkan isi hati kepada pasangan.

Dalam hal ini, dukungan pasangan sangat penting untuk mengatasi sindrom baby blues. Usahakan banyak beristirahat, walaupun harus banyak bangun pada malam hari.

Jika bayi sedang tertidur pulas, sebaiknya Anda ikut beristirahat, mana tahu pada malam hari tidur Anda terganggu. Tidak salahnya meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri, seperti pergi ke salon atau melakukan pijat refleksi. Titipkan bayi kepada pasangan atau neneknya atau pengasuh selama melakukan me time. (Sri Noviarni)
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak