Tips Masak Ketupat Cepat Matang, cuma 30 Menit!

Minggu, 07 April 2024 - 04:17 WIB
loading...
Tips Masak Ketupat Cepat Matang, cuma 30 Menit!
Ketupat menjadi salah satu makanan khas Lebaran. Membuatnya pun tidak membutuhkan waktu lama dan gak ribet. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA – Ketupat menjadi salah satu makanan khas Lebaran. Meski dibuat hanya setahun sekali, masih banyak ibu rumah tangga yang enggan membuatnya. Alasannya sulit dan memakan waktu lama.

Tak perlu khawatir, ada sejumlah tips bila Anda memasak ketupat di rumah agar cepat matang, yakni hanya 30 menit dan tidak boros gas.



Penasaran? Yuk simak ulasannya, seperti dilansir kanal YouTube Dapur Bunda Keysha, Sabtu (6/4/2024).

1. Rendam Beras selama 20 Menit
Tips pertama ialah merendam beras selama 20 menit. Cara ini dilakukan bila beras yang Anda pakai untuk membuat ketupat cenderung berkualitas pera.

Merendam beras sebelum dimasukan ke dalam daun ketupat ini bertujuan agar hasilnya lebih lembut dan cepat matang. Namun, bila Anda sudah menggunakan beras yang mudah pulen, Anda bisa melewati cara merendam ini.

2. Isi dengan 3/4 Beras dari Daun Ketupat
Tips selanjutnya ialah saat memasukan beras ke dalam daun ketupat. Agar hasil ketupatnya maksimal dan cepat matang, pastikan Anda mengisi sekitar 3/4 beras dari ukuran daun ketupat.

Jumlah tersebut bisa memengaruhi kualitas ketupat dan lama kematangannya. Nantinya, ketupat bisa matang dan memiliki tekstur yang sempurna.

3. Kencangkan Daun Ketupat
Setelah daun ketupat diisi dengan beras, pastikan Anda mengencangkan daun-daun ketupat. Hal ini bertujuan agar beras tidak ada yang keluar ketika direbus.

4. Pastikan Semua Ketupat Terendam saat Direbus
Kemudian saat proses perendaman, pastikan semua ketupat Anda terendam di air yang sudah mendidih. Bila masih ada yang mengambang, gunakan sendok atau centong untuk mendorong ketupat agar terendam sempurna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)