Mengapa Tentara Ditarik dari Gaza Selatan?

Minggu, 07 April 2024 - 20:41 WIB
loading...
Mengapa Tentara Ditarik dari Gaza Selatan?
Tentara Israel menarik diri dari Gaza selatan. Foto/AP
A A A
GAZA - Militer Israel mengatakan pihaknya menarik lebih banyak pasukan darat dari Jalur Gaza selatan. Tentara Zionis hanya menyisakan satu brigade di sana enam bulan setelah dimulainya serangan berdarah.

Militer telah mengurangi jumlah pengungsi di Gaza sejak awal tahun ini untuk mengurangi jumlah pasukan cadangan dan di bawah tekanan yang semakin besar dari sekutunya Washington untuk memperbaiki situasi kemanusiaan. Namun mereka tidak memberikan rincian mengenai alasan penarikan tentara atau jumlah tentara yang terlibat.

Tidak jelas apakah penarikan tersebut akan menunda serangan yang sudah lama terancam ke kota Rafah di Gaza selatan, yang menurut Perdana Menteri Netanyahu diperlukan untuk “menghilangkan” Hamas.

Sekitar 1,5 juta pengungsi Palestina berlindung di Rafah, dan para kritikus mengatakan invasi darat akan menjadi “bencana besar”.

Israel juga sangat waspada terhadap kemungkinan serangan balasan dari Iran, sebagai reaksi atas pembunuhan jenderal Iran pada tanggal 1 April, dan telah memanggil pasukan cadangan.

Sebelumnya, media Israel melaporkan tentara Israel telah mundur dari bagian barat kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan.



“Divisi ke-98, dengan tiga brigadenya, mundur dari Khan Younis tadi malam setelah operasi di sana berakhir setelah pertempuran yang berlangsung selama empat bulan,” lapor Radio Angkatan Darat.

Hanya satu brigade yang tersisa di Gaza, Brigade Nahal, yang bertanggung jawab mengamankan koridor yang didirikan oleh tentara Israel untuk mencegah pengungsi Gaza kembali ke utara, tambahnya.

Sumber-sumber Palestina mengatakan kepada kantor berita Anadolu bahwa pasukan Israel mundur dari seluruh wilayah barat kota Khan Younis tetapi mereka tetap ditempatkan di timur.

“Pada tahap manuver ini, tentara Israel menyelesaikan operasinya di Khan Younis dan tentara telah menyelesaikan keluar dari sana,” kata Channel 12 Israel.

“Pasukan yang terdiri dari empat brigade berbeda kini ditempatkan di koridor kemanusiaan dan di Jalur Gaza utara di wilayah Beit Hanoon.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)