Kenapa Kulit Bayi Rentan Bermasalah?

Minggu, 07 April 2024 - 17:28 WIB
loading...
Kenapa Kulit Bayi Rentan Bermasalah?
Masalah kulit bayi bisa membuat si kecil sangat rewel dan kurang nyaman. Hal ini terjadi karena saat bayi baru lahir, organnya belum berkembang sempurna. Foto/ cdnparenting
A A A
JAKARTA - Kulit bayi yang sedang bermasalah tentunya membuat si kecil sangat rewel dan kurang nyaman. Hal ini umum terjadi karena saat bayi baru lahir, semua organnya belum berkembang dan berfungsi dengan sempurna, termasuk kulitnya.

Struktur kulit bayi yang lapisannya masih tipis berbeda dengan struktur kulit orang dewasa. Kandungan pelembap alami dan produksi lemak pada kulit bayi yang lebih sedikit, tidak mampu menahan air sehingga kulitnya rentan kering, sensitif, dan mudah terkena penyakit.

Kulit bayi yang sensitif bisa ditandai dengan kulit yang bersisik atau berkerak pada badan dan kepala, munculnya kemerahan disertai kulit yang kering, bereaksi berlebih saat menggunakan produk skincare atau bodycare tertentu, baju dengan bahan tertentu, dan ruangan dengan suhu tertentu, adanya ruam, eksim, biduran, dan jerawat pada bayi.

Bermuklim di negara beriklim tropis dengan intensitas matahari serta kelembapan yang tinggi juga bisa membuat bayi lebih berisiko kulitnya terkena masalah. Pada hal ini ibu tentunya harus sigap mengetahui penyebab dan penanganannya agar bisa segera teratasi.

Untuk melindungi dan merawat kulit bayi paling utama, Ibu perlu perhatikan penggunaan bodycare atau sabun mandi yang dipakai sehari-hari. Pastikan ibu memilih sabun yang cocok dengan keadaan kulit si Kecil.

“Memilih sabun untuk si kecil sebaiknya yang mengandung ekstrak susu seperti lactic acid dan Lactoserum. Lactic acid berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan bakteri, sedangkan kandungan lactoserum itu sendiri adalah sejenis protein yang berfungsi untuk menutrisi kulit dan melengkapi kinerja dari lactic acid,” ujar dr. Hans Natanael, Sp.A pada acara Baby On Board The Asian Parents, dikutip Jumat (5/4/2024).

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu ibu pahami untuk merawat dan menjaga kulit bayi dari masalah. Di antaranya adalah hindarkan bayi dari paparan zat pemicu alergi berulang seperti debu, jaga kebersihan rumah, rutin bersihkan AC dan ganti sprei tempat tidur, hindari mandi terlalu sering pada bayi usia di bawah 1 tahun, beri gizi seimbang, jangan jemur bayi dengan keadaan tanpa busana, dan perhatikan pemilihan sabun yang tepat.

Jangan biarkan kulit bayi bermasalah dalam jangka waktu yang lama. Kulit bayi yang masih sangat rentan dan sensitif tentunya perlu perawatan yang ekstra. Pastikan ibu memandikan si Kecil setiap hari dengan Lactacyd Baby Extra Milky atau Lactacyd Baby Gentle Care. Bagi si bayi yang baru lahir, ibu bisa rutin menggunakan Lactacyd Baby Gentle Care sebagai perlindungan atau pencegahan dari iritasi.

Sedangkan untuk kulit si kecil yang bermasalah dan kering, ibu bisa gunakan Lactacyd Baby Extra Milky yang mengandung 2x Lactoserum sehingga dapat 4x lebih melembapkan kulit. Kedua varian ini memiliki kandungan ekstrak susu dari 100% susu alami, lactoserum, dan lactic acid yang bisa melindungi kulit si kecil selembut cinta ibu dari bahaya alergi, bakteri, serta kulit yang kering.

"Pastikan ibu mendapatkan penanganan yang tepat untuk merawat kulit si kecil agar kulitnya tidak mudah terkena alergi dan tetap terjaga kelembapannya," tandasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)