4 Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan di Musim Hujan

Selasa, 20 November 2018 - 16:33 WIB
4 Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan di Musim Hujan
4 Obat Alami untuk Sakit Tenggorokan di Musim Hujan
A A A
JAKARTA - Cuaca dingin dapat menyebabkan sakit tenggorokan sehingga membuat penderitanya sulit menelan, makan hingga tidur.

Sakit tenggorokan menandakan bahwa virus telah menembus sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan di tubuh, terutama di amandel atau lapisan tenggorokan. Tentu saja kondisi ini sangat tidak menyenangkan.

Namun tak perlu khawatir, ada cara mudah dan alami untuk mengatasi kondisi ini. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah sebagai pengobatan. Caranya pun mudah. Berikut ulasannya seperti dilansir Independent.

1. Minum satu sendok teh madu

Tidak hanya rasanya lezat, madu telah lama disebut-sebut sebagai agen penyembuhan alami dalam pengobatan tradisional berkat sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan. Madu juga bersifat demulen, yang berarti melapisi tenggorokan dan mengurangi iritasi ketika Anda menelan.

2. Berkumur dengan air asin

Berkumur dengan air asin dapat membantu mengurangi pembengkakan jaringan yang menyakitkan dan membunuh bakteri. Untuk membuat larutan, campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan berkumurlah selama satu atau dua menit. Pastikan Anda tidak menelan air tersebut.

3. Minum teh chamomile

Selain bagus untuk menenangkan sakit perut, penelitian menemukan bahwa sifat anti-inflamasi, antioksidan dan astringen pada chamomile memiliki efek yang menenangkan. Teh jenis ini juga alami dan bebas kafein, sehingga dapat meminumnya tepat sebelum tidur dan itu tidak akan mengganggu pola tidur Anda.

4. Minum air lemon panas

Beberapa orang meminum air lemon panas dengan harapan dapat membantu mengurangi berat badan dan kulit yang bersih, namun minuman ini juga bisa menjadi kunci untuk mengobati sakit tenggorokan. Ini karena adanya kandungan antibakteri, antivirus dan lemon membuat tenggorokan menjadi asam sehingga lebih sulit bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak. Lemon juga kaya akan vitamin C, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melawan flu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5725 seconds (0.1#10.140)