Rayakan Kemerdekaan, Anda Bisa Buat 3 Cemilan Bertema Merah Putih!

Senin, 17 Agustus 2020 - 12:59 WIB
loading...
Rayakan Kemerdekaan, Anda Bisa Buat 3 Cemilan Bertema Merah Putih!
Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah semarak Hari Kemerdekaan ke-75 Indonesia. Salah satunya, Anda bisa membuat cemilan bertemakan kemerdekaan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini terasa berbeda, mengingat pandemi Covid-19, membuat pemerintah melarang digelarnya sejumlah perayaan dengan tujuan mencegah penularan virus corona yang semakin meluas.

Kendati demikian, adanya pandemi virus corona bukan berarti Anda tidak bisa merayakan Hari Kemerdekaan . Masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah semarak Hari Kemerdekaan ke-75 Indonesia.

Salah satunya adalah dengan membuat sejumlah masakan bertema Hari Kemerdekaan. Berikut resep Merah Putih Spesial Kemerdekaan Indonesia seperti dikutip Cookpad.

1. Roti Kemerdekaan Merah Putih
Bahan-bahan:
125 gr tepung protein tinggi
1 kuning telur dicampur dalam susu
1/2 sdm butter atau margarin atau mentega putih
Susu UHT, secukupnya
1/2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1 1/2 sdt ragi instan + 2 sdm air hangat + 1 sdt gula pasir

Cara membuat:
Aktifkan ragi dengan mencampurnya dengan air hangat dan gula pasir. Diamkan sekitar 2 atau 3 menit, jika berbuih tandanya ragi aktif. Campur kuning telur dan susu cair secukupnya. Di wadah terpisah siapkan terigu, gula dan garam, aduk hingga rata.

Masukkan ragi yang sudah aktif, campuran susu dan telur. Aduk sampai setengah kalis. Pindahkan ke alas kerja. Taburi tepung lagi, tambah mentega dan uleni sampai kalis dan lentur. (Baca juga: Kembalinya Asia Restaurant di Hari Kemerdekaan ).

Jangan takut untuk bolak-balik, tambahkan tepung sedikit demi sedikit sampai benar-benar kalis. Bagi dua adonan. Untuk adonan merah, beri 1/2 sdt pewarna merah. Taruh masing-masing adonan dalam wadah tertutup dan diamkan kurang lebih 45 menit. Setelah mengembang, keluarkan dan kempiskan adonan. Bagi-bagi adonan, seperti empat putih dan empat merah. Bulat-bulatkan kemudian isi.

Letakkan dalam loyang yang sudah dialasi baking paper. Diamkan lagi kira-kira 30 menit. Setelah 30 menitan atau sudah mengembang, taburi sedikit tepung sebelum dimasukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan. Panggang roti, kurang lebih sekitar 15 menit. Angkat dan roti merdeka merah putih siap disajikan.
Rayakan Kemerdekaan, Anda Bisa Buat 3 Cemilan Bertema Merah Putih!

2. Bolu kukus merah putih
Bahan-bahan:
230 gr terigu
150 gr gula pasir
130 ml sprite
2 butir telur
Pewarna makanan merah
1 sdt SP
Garam secukupnya

Cara membuat:
Siapkan semua bahan bahan. Mixer sebentar telur, gula dan SP dengan kecepatan tinggi hingga semua tercampur.

Setelah semua tercampur, masukan terigu, garam dan sprite. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan berwarna putih pucat. Ambil sebagian adonan, beri warna merah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)