5 Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran dan Cara Mencegahnya

Kamis, 11 April 2024 - 10:00 WIB
loading...
5 Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran dan Cara Mencegahnya
Beberapa penyakit sering muncul setelah Lebaran karena berbagai faktor. Salah satunya kelelahan hingga konsumsi makanan tinggi lemak yang berlebihan. Foto/Gas O Fast
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit sering muncul setelah Lebaran karena berbagai faktor. Salah satunya kelelahan hingga konsumsi makanan tinggi lemak yang berlebihan seperti rendang, opor ayam, hingga aneka kue kering.

Hal ini tidak mengherankan mengingat sebagian orang kerap menjadikan momen Lebaran sebagai ajang balas dendam setelah puasa sebulan. Sehingga banyak yang merasa kalap mengonsumsi aneka makanan secara berlebihan hingga memicu berbagai penyakit .

Akibatnya, momen perayaan Lebaran pun menjadi terganggu karena penyakit yang kambuh. Selain itu, padatnya kegiatan di momen Idulfitri sering membuat sebagian orang merasa kelelahan sehingga kondisi kesehatan menurun.

Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran dan Cara Mencegahnya



Berikut penyakit yang sering muncul setelah Lebaran dan cara mencegahnya dilansir dari Health Line, Kamis (11/4/2024).



1. Infeksi Saluran Pernapasan


Penyebaran virus dan bakteri saat berkumpul dengan keluarga dan kerabat selama perayaan Lebaran dapat menyebabkan flu, pilek, atau infeksi saluran pernapasan lainnya.

2. Gangguan Pencernaan


Konsumsi makanan yang berlebihan atau makanan yang tidak sehat selama perayaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, atau sakit perut.

3. Dehidrasi


Aktivitas yang padat selama perayaan Lebaran, terutama jika dilakukan di luar ruangan dan cuaca panas, dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak cukup minum air.

4. Kelelahan dan Stres


Persiapan dan perayaan Lebaran yang sibuk dapat menyebabkan kelelahan fisik dan stres emosional bagi beberapa orang.

5. Kolesterol Tinggi dan Asam Urat


Kolesterol tinggi dan asam urat kerap kambuh saat Lebaran karena konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula berlebihan. Akibatnya, tak sedikit yang mengeluhkan berbagai gejala seperti nyeri hingga bengkak.



Untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit tersebut setelah Lebaran, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut:

1. Menerapkan Protokol Kesehatan


Terapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan secara teratur, menggunakan masker, dan menjaga jarak fisik saat berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

2. Konsumsi Makanan Sehat


Pilih makanan yang sehat dan seimbang selama perayaan Lebaran, hindari makanan berlemak atau berat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar.

3. Tetap Terhidrasi


Minumlah air secukupnya selama perayaan Lebaran, terutama jika melakukan aktivitas di luar ruangan atau dalam cuaca panas.

4. Istirahat yang Cukup


Berikan tubuh Anda waktu untuk istirahat yang cukup setelah perayaan Lebaran, hindari overwork atau kegiatan yang terlalu padat.

5. Atur Stres dengan Baik


Temukan cara untuk mengelola stres dengan baik, seperti bermeditasi, berolahraga, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

6. Jaga Kebersihan Lingkungan


Pastikan lingkungan tempat tinggal Anda tetap bersih dan higienis, terutama jika ada banyak tamu yang datang selama perayaan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2823 seconds (0.1#10.140)