Biden ke Netanyahu: AS Tidak Akan Mendukung Serangan Balasan Israel ke Iran

Minggu, 14 April 2024 - 18:01 WIB
loading...
Biden ke Netanyahu: AS Tidak Akan Mendukung Serangan Balasan Israel ke Iran
Iran menghujani Israel dengan 300 drone dan rudal jelajah. Foto/Reuters
A A A
TEL AVIV - Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada PM Israel Benjamin Netanyahu dalam panggilan telepon bahwa AS tidak akan mendukung serangan balik Israel terhadap Iran. Demikian dilaporka Axios mengutip pernyataan seorang pejabat senior Gedung Putih.

Joe Biden juga mengatakan kepada Benjamin Netanyahu bahwa tindakan pertahanan bersama yang dilakukan Israel, Amerika Serikat, dan negara-negara lain di kawasan berhasil menggagalkan serangan Iran, menurut pejabat Gedung Putih.

“Kamu mendapat kemenangan. Ambillah kemenangan ini,” kata Presiden AS kepada Netanyahu, menurut pejabat tersebut, dilansir Al Jazeera.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa ketika Biden mengatakan kepada Netanyahu bahwa AS tidak akan melakukan operasi ofensif apa pun terhadap Iran dan tidak akan mendukung operasi tersebut, perdana menteri Israel mengatakan bahwa dia memahaminya.

Sebelumnya, pemerintahan Biden telah mengirimkan pesan, menurut seorang pejabat AS, Biden mengatakan kepada Netanyahu bahwa AS tidak akan berpartisipasi dalam operasi ofensif terhadap Iran secara langsung.

Biden jelas-jelas berusaha melawan Netanyahu.



Dia sangat kritis terhadap Netanyahu sebelumnya. Kini, setelah serangan yang dilakukan Iran, dia jauh lebih mendukung namun di balik layar ada yang curiga bahwa dia sudah sangat jelas mengatakan, “Jangan bereaksi berlebihan”.

Pemerintah AS sedang membicarakan penggunaan diplomasi dan bersikeras bahwa mereka tidak akan terlibat langsung. Ini adalah pemerintahan Biden yang sedikit mundur, secara diam-diam, sambil menawarkan dukungan publik untuk Netanyahu.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0710 seconds (0.1#10.140)