alexametrics

Tips Liburan Hemat Akhir Tahun

loading...
Tips Liburan Hemat Akhir Tahun
Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk berlibur. Namun, masalah dana menjadi hambatan. Mengatasinya, Anda bisa menjalani liburan hemat. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Liburan hemat selalu menjadi impian setiap orang. Tak peduli apapun pekerjaan dan apapun kesibukan yang dilakukan selama satu tahun belakangan, umumnya akhir tahun digunakan sebagai waktu untuk beristirahat dan menjadi waktu berkualitas bersama keluarga. Namun, liburan kerap kali menghabiskan banyak uang. Ini menjadi keluhan.

Nah, bicara tentang liburan, Anda dan keluarga bisa melakukan liburan hemat, seperti apa? Berikut ulasannya seperti dilansir MoneySmart.id.

1. Budgeting

Hal utama yang harus disiapkan dari liburan hemat adalah dana. Jangan jadikan uang sebagai penghambat untuk melakukan kegiatan traveling atau berlibur karena masih banyak cara jitu untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Cara pertama yang sangat dibutuhkan untuk merencanakan traveling yaitu budgeting atau bisa dikatakan cara kita untuk mengatur keuangan.

Pengaturan pengeluaran dan pemasukan dalam sehari-hari dalam konteks ini Anda bisa mulai menabung untuk rencana liburan impian. Dengan menentukan bujet pengeluaran untuk berlibur, Anda akan lebih terarah dalam merencanakan suatu perjalanan liburan hemat.

2. Pesan tiket jauh hari

Untuk menedapatkan liburan hemat, Anda perlu melakukan pemesanan tiket jauh sebelum waktu yang direncanakan. Pasalnya, semakin jauh jarak pembelian dengan tanggal yang diinginkan, semakin murah harga yang ditawarkan.

Contoh, harga tiket pesawat yang tercantum 6 bulan sebelum waktu yang ditentukan akan jauh lebih terjangkau dibandingkan harga tiket yang tersedia 1 minggu dari tanggal yang ditentukan. Maka dari itu, lakukan pemesanan tiket sedini mungkin.

3. Pilihlah tanggal yang tepat

Hindari peak season dalam menentukan waktu liburan. Karena saat peak season destinasi wisata pasti dipenuhi pengunjung yang mengakibatkan Anda sulit untuk mendapatkan momen atas keindahan destinasi tersebut.

Saat low season pengunjung di suatu tempat wisata tentunya akan semakin rendah. Maka dari itu, Anda akan jauh lebih leluasa untuk mengeksplor destinasi wisata dan menciptakan memori tanpa adanya gangguan riuh ramainya pengunjung. Selain itu, traveling saat low season pastinya membuat kantong jauh lebih bersahabat.

4. Gunakan promo sebaik-baiknya

Setelah berupaya melakukan budgeting dan lain sebagainya bagaimana bila persiapan dana liburan tersebut masih belum mencapai target? Tenang saja, masih banyak cara supaya bujet berlibur bisa lebih ekonomis dan bersahabat.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan penawaran promo diskon atau cashback! Di musim liburan terutama saat jelang akhir tahun seperti ini, banyak sekali penawaran promo tiket dan hotel, atraksi dan aktivitas, serta lainnya yang bisa kamu manfaatkan dari.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak