4 Dampak Serangan 300 Drone dan Rudal Iran ke Israel, Paling Diuntungkan Adalah Hamas

Senin, 15 April 2024 - 23:23 WIB
loading...
4 Dampak Serangan 300 Drone dan Rudal Iran ke Israel, Paling Diuntungkan Adalah Hamas
Serangan Iran ke Israel memiliki dampak serius. Foto/AP
A A A
TEL AVIV - Serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Iran terhadap Israel pada Minggu pagi meningkatkan ketegangan regional, membenarkan kekhawatiran lama tentang perang Israel-Hamas yang akan berkembang menjadi konflik yang lebih luas. Namun Iran, Israel, Amerika Serikat, dan Hamas juga mendapatkan beberapa keuntungan.

4 Dampak Serangan 300 Drone dan Rudal Iran ke Israel

1. Israel Memulihkan Kekuatan Militernya

4 Dampak Serangan 300 Drone dan Rudal Iran ke Israel, Paling Diuntungkan Adalah Hamas

Foto/AP

Ketika lebih dari 300 drone dan rudal menuju Israel pada Minggu dini hari, negara tersebut berhasil menguji susunan pertahanan udaranya, yang, bersama dengan bantuan dari sekutu, memblokir 99% proyektil dan mencegah serangan apa pun.

Sebaliknya, militer Israel menderita kekalahan telak di tangan musuh yang persenjataannya jauh lebih sedikit ketika Hamas menyerang Israel dari Gaza pada 7 Oktober. Hal ini merupakan pukulan telak bagi citra Israel sebagai kekuatan militer regional dan menghancurkan segala rasa tidak terkalahkan. . Respons terhadap serangan Iran bisa mengembalikan kepercayaan terhadap militer negara tersebut, bahkan ketika pasukannya tertahan di Gaza, lebih dari enam bulan setelah Israel menyatakan perang terhadap Hamas di sana.

Melansir AP, Israel juga membanggakan koalisi kekuatan yang membantunya mengusir serangan Iran. Hal ini merupakan wujud dukungan yang sangat dibutuhkan pada saat Israel berada dalam kondisi paling terisolasi karena kekhawatiran seputar tindakan mereka selama perang melawan Hamas, termasuk krisis kemanusiaan yang memburuk dan jumlah korban tewas yang sangat besar di Gaza.

2. Israel dan AS Mengakui Kekuatan Iran

4 Dampak Serangan 300 Drone dan Rudal Iran ke Israel, Paling Diuntungkan Adalah Hamas

Foto/AP

Melansir AP, Iran berulang kali berjanji akan menanggapi serangan Israel terhadap kompleks diplomatik Iran di Damaskus pada 1 April yang menewaskan dua jenderal. Serangan pada hari Minggu memungkinkan Iran untuk menunjukkan kepada warganya bahwa mereka tidak akan berdiam diri ketika aset-asetnya diserang dan bahwa mereka serius ketika mengancam akan membalas dendam.

Dengan serangannya, Iran mampu menunjukkan kekuatan dahsyatnya, menimbulkan ketakutan pada sebagian warga Israel dan mengganggu kehidupan banyak orang melalui pembatalan sekolah. Namun dengan sedikit kerusakan yang terjadi di Israel, Iran mungkin berharap bahwa respons apa pun akan terukur. Beberapa jam setelah meluncurkan drone dan rudal, Iran mengatakan operasi telah selesai.

3. Israel Tak Bisa Eksis Tanpa AS

4 Dampak Serangan 300 Drone dan Rudal Iran ke Israel, Paling Diuntungkan Adalah Hamas

Foto/AP

AS adalah pemain kunci dalam menangkis serangan tersebut, dan menunjukkan kepada sekutunya di seluruh dunia kekuatan dan keandalan dukungan Amerika.

Saat ini, ketika Israel mempertimbangkan bagaimana dan apakah mereka akan merespons, aliansi tersebut akan diuji, dimana pemerintahan Biden berupaya untuk menggunakan pengaruhnya terhadap Israel dan mencegah Israel melakukan respons yang mungkin memperburuk konflik.

4. Hamas Mendapatkan Legitimasi

4 Dampak Serangan 300 Drone dan Rudal Iran ke Israel, Paling Diuntungkan Adalah Hamas

Foto/AP

Hamas, yang didukung oleh Iran, menyambut baik serangan terhadap Israel. Sejak melancarkan serangannya pada 7 Oktober, Hamas berharap mitra regionalnya bisa membantu dan menyeret Israel ke dalam perang yang lebih luas.

Meskipun beberapa pihak telah melakukan hal tersebut – termasuk Iran-menyerang Hizbullah di Lebanon dan Houthi di Yaman – Iran belum terlibat secara langsung hingga hari Minggu.

Hamas bisa berharap bahwa serangan itu adalah serangan pertama dalam keterlibatan Iran yang lebih dalam dalam perang di Gaza. Mereka juga berharap kekerasan di Tepi Barat, tempat seorang remaja Israel terbunuh dan pemukim mengamuk di kota-kota Palestina, akan terus memanas.

Paling tidak, serangan Iran mungkin telah memberi semangat Hamas untuk mengambil tindakan tegas dalam perundingan gencatan senjata saat ini, dengan harapan meningkatnya tekanan militer terhadap Israel dapat membuat Hamas menerima persyaratan garis keras yang diajukan kelompok militan tersebut untuk mencapai kesepakatan.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)