5 Cara Mengajak Anak Merayakan Hari Kemerdekaan Saat Pandemi

Senin, 17 Agustus 2020 - 16:44 WIB
loading...
5 Cara Mengajak Anak Merayakan Hari Kemerdekaan Saat Pandemi
Perayaan Hari Kemerdekaan lebih spesial. Namun, karena pandemi perayaan akan dilakukan sedikit berbeda dan melakukan banyak kegiatan secara virtual dan ini bisa menarik. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Hari Kemerdekaan merupakan hari libur nasional yang kita nantikan setiap tahun dan setiap orang memiliki kenangan indah tentang momen ini, mulai pengibaran bendera, pementasan drama, pelajaran sejarah, dan yang paling penting merasakan semangat patriotik yang menular di dalam hati.

Untuk anak-anak, Perayaan Hari Kemerdekaan lebih spesial. Namun, karena pandemi perayaan akan dilakukan sedikit berbeda dan melakukan banyak kegiatan secara virtual. Tapi, bukan berarti hal ini menghilangkan keceriaan.

Ada beberapa cara untuk merayakan kemeriahan Hari Kemerdekaan dengan cara yang aman, tanpa keluar rumah. Seperti dilansir Times of India, berikut ulasannya. (Baca juga: Mengemban Tugas Berat, 7 Bintang Jempolan Ini Didapuk Perankan Tokoh Bangsa ).

1. Lomba puisi virtual
Perayaan Hari Kemerdekaan di sekolah dan perguruan tinggi sangat dinantikan. Anak-anak dapat terhubung dengan teman sebayanya secara online dan merayakan hari tersebut. Sebut saja pembacaan puisi, kuis, pidato, dan debat. Artinya, ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui video call atau via online.

2. Kostum khusus
Mendandani anak-anak dengan kostum khusus dan melihat mereka bermain dengan kostum bisa menjadi perayaan yang menyenangkan. Jika Anda memiliki kostum di rumah, anak-anak dapat berdandan dan memerankan pemimpin patriotic atau menggunakan baju daerah. Kompetisi virtual juga bisa menjadi ide yang bagus.

3. Masak makanan khusus hari Kemerdekaan
Resep dan hidangan Merah Putih dapat menambah banyak rasa pada hari Kemerdekaan Indonesia. Anda bisa menyiapkan beberapa makanan lezat. Saat pandemic, ajak anak-anak ke dapur dan minta bantuan mereka untuk menyiapkan hidangan.

4. Menonton film patriotik bersama keluarga
Ada banyak sekali film dan dokumenter yang diangkat dari kisah pejuang kemerdekaan yang bisa ditonton dn Anda bisa melakukannya bersama keluarga.

5. Minta anak untuk mengungkapkan arti Hari Kemerdekaan
Yang terpenting, Hari Kemerdekaan harus tentang merayakan dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang dibangun negara. Orang tua dapat meminta anak-anak untuk menulis esai tentang arti perayaan Hari Kemerdekaan bagi mereka, apa yang paling mereka sukai dari hari itu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)